Latest Updates

Jenis Dan Tingkatan Manajer

Istilah “manajer” melekat pada seseorang yang diberi tanggungjawab atas bawahan dan sumber dayanya lainnya dalam organisasi. Banyak jenis manajer dengan tugas dan tanggungjawab yang berbeda-beda. Manajer dapat dibedakan dari dua sudut pandang yaitu dari sudut tingkatannya dan sudut fungsi/ kegiatan organisasi 

1. Tingkatan Manajer 

Manajer dapat dibedakan menurut tingkatan meraka dalam organisasi. Walaupun organisasi besar biasanya memiliki beberapa tingkat manajemen (levels of managenet), pandangan yang paling umum menyebutkan tiga tingkat yang mendasar yaitu manajer lini pertama (first line manager)/manajer tingkat pertama (first level manager ), manajer menengah atau manajer madya (middle manager)/, manajer puncak (top manager) direktur utama (chief executive officer). 

Manajer garis pertama/lini pertama (first line manager). Tingkatan yang paling rendah dalam suatu organissi, dimana seorang bertanggungjawab atas pekerjaan orang lain, mengawasi dan mengkoordinasikan aktivitas pekerja/karyawan. Manajer lini hanya membawahi pekerjaan operasional, mereka tidak membawahi manajer lain. Jabatan yang biasa disandang oleh manajer lini adalah mandor, penyelia,/ pengawas suatu kantor/pabrik, supervisor. 

Manajer menengah/madya (midle manager). Manajer menengah atau madya merupakan kelompok manajer yang paling banyak dalam sebagian besar organisasi. Manajer menengah mengarahkan kegiatan manajer lain dan kadang –kadang juga mengarahkan pekerja/karyawan langsung. Manajer menengah bertanggungjawab untuk mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang dikembangkan oleh manajer puncak serta untuk mengevaluasi dan mengkoordinaikan aktivitas-aktivita dari manajer tingkat pertama. 

Manajer puncak (top manager). Manajer puncak merupakan kelompok relatif kecil, manajer puncak bertanggungjawab atas manajemen keseluruhan dari organisai. Manajer puncak menciptakan tujuan organisasi, strategi keseluruhan, kebijakan operasional dan membimbing hubungan organisasi dengan lingkungannya.. Mereka juga secara resmi mewakili orgainsasi ke luar dengan menemui pejabat pemerintah, eksekutif perusahaan lain, dan pihak lain. 



2.Pengelompokan yang lain tergantung pada lingkup kegiatan yang dikelolanya. Manajer fungsional bertanggungjawab pada satu kegiatan yang ada pada organisasi seperti manajer keuangan , personalia/ sumber daya manusia operasional, pemasaran, administrasi.. Untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan pada gambar berikut ini. 

Organisasi biasanya memiliki tiga tingkat yaitu manajer puncak, manajer manangah, manajer lini. Terlepas dari tingkatan , manajer juga terkait dengan bidang tertentu dalam organisasi seperti pemasaran, keuangan, operasional, sumberdaya manusia, adminstrasi dan lainnya 

0 Response to "Jenis Dan Tingkatan Manajer"

Post a Comment