JAWABAN PERTANYAAN SEPUTAR ANALISIS BISNIS


1. Uraikan analisis bisnis dan identifikasi tujuannya. 

Analisis bisnis merupakan analisis atas prospek dan resiko perusahaan untuk kepentingan pengambilan keputusan bisnis. 

Tujuan: Membantu pengambilan keputusan dengan menstrukturkan tugas analisis atas lingkungan bisnis perusahaan, strateginya, serta posisi dan kinerja keuangannya. 



2. Jelaskan tentang pernyataan berikut: Analisis laporan keuangan merupakan bagian tak terpisahkan dari analisis bisnis. 

Analisis laporan keuangan merupakan bagian tak terpisahkan dari analisis bisnis karena pada dasarnya laporan keuangan berisi informasi tentang rencana bisnis perusahaan, analisis lingkungan bisnis, dan strategi perusahaan sehingga laporan keuangan dipandang sebagai bagian penting dan tak terpisahkan dari analisis bisnis. 



3. Jelaskan berbagai jenis analisis bisnis. Identifikasi kelompok pengguna laporan keuangan yang ada dalam tiap-tiap jenis analisis bisnis. 

Jenis-jenis analisis bisnis: 

a. Analisis kredit: merupakan evaluasi atas kelayakan perusahaan untuk mendapatkan kredit. Pengguna yang terlibat didalam analisis kredit yakni pihak kreditor. 

b. Analisis ekuitas: merupakan evaluasi yang berhubungan dengan investasi yang dilakukan oleh perusahaan. Pengguna yang terlibat didalam analisis ekuitas yakni pihak investor. 



4. Apakah perbedaan utama antara analisis kredit dan analisis ekuitas? Bagaimana cara pengaruhnya terhadap informasi laporan keuangan yang penting untuk masing-masing jenis analisis? 

Analisis kredit lebih berfokus kepada sisi buruk resiko bukan sisi baik potensi, sedangkan analisis ekuitas bersifat asimetri, dimana harus menilai dua sisi resiko dan potensi. 



5. Apakah yang dimaksud dengan analisis fundamental? Apakah tujuan utamanya? 

Analisis fundamental merupakan proses menentukan nilai perusahaan dengan menganalisis dan menginterpretasikan faktor-faktor kunci untuk ekonomi, industri, dan perusahaan. 

Tujuan utama: Menentukan nilai intrinsik/nilai fundamental perusahaan. Nilai intrinsik adalah nilai sebuah perusahaan berdasarkan analisis fundamental, tanpa mengacu pada nilai pasar (atau harga saham). 



6. Apa sajakah berbagai komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu pada analisis ekuitas. 

Komponen proses dalam analisis bisnis: 























7. Uraikan pentingnya analisis akuntansi untuk analisis keuangan. 

Analisis akuntansi penting bagi analisis keuangan karena analisis akuntansi mempelajari transaksi dan peristiwa perusahaan, menilai dampak kebijakan akuntansi terhadap laporan keuangan, menyesuaikan laporan keuangan tersebut agar lebih mencerminkan keadaan ekonomi yang mendasarinya dan membuatnya lebih sesuai untuk analisis, dalam hal ini analisis keuangan. 



8. Uraikan analisis laporan keuangan dan indentifikasi tujuannya. 

Analisis keuangan merupakan penggunaan laporan keuangan untuk menganalisis posisi dan kinerja keuangan perusahaan, dan untuk menilai kinerja keuangan di masa depan. 

Tujuan: 

1. Profitabilitas adalah kemampuan perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya dilihat dari laporan laba rugi perseroan (income statement) yang menunjukkan laporan hasil kinerja perseroan. 

2. Solvabilitas adalah kemampuan perseroan untuk memenuhi seluruh kewajibannya, yang diukur dengan membuat perbandingan seluruh kewajiban terhadap seluruh aktiva dan perbandingan seluruh kewajiban terhadap ekuitas

3. Likuiditas adalah kemampuan perseroan untuk memenuhi kewajiban lancarnya yang diukur dengan menggunakan perbandingan antara aktiva lancar dengan kewajiban lancar. 

4. Stabilitas adalah kemampuan perseroan dalam mempertahankan usahanya dalam jangka waktu panjang tanpa harus menderita kerugian. Untuk menilai stabilitas perseroan digunakan laporan laba rugi dan neraca keuangan (balance sheet) perseroan serta berbagai indikator keuangan dan non keuangan lainnya. 



9. Identifikasi setidaknya lima pengguna laporan keuangan internal dan eksternal yang berbeda. 

# 5 pengguna internal laporan keuangan: 

a. Pihak manajemen 

b. Pemegang saham 

c. Karyawan 

d. Auditor internal 

e. Serikat kerja 

# 5 pengguna eksternal laporan keuangan: 

a. Masyarakat 

b. Pemerintah 

c. Kreditor 

d. Investor 

e. Auditor eksternal 



10. Identifikasi dan bahas empat aktivitas utama sebuah perusahaan. 

a. Aktivitas perencanaan: Mendekskripsikan maksud perusahaan, strategi dan taktik untuk aktivitasnya. Dengan ini membantu manajer untuk memusatkan usaha mereka dan mengidentifikasi kesempatan dan rintangan yang diharapkan. 

b. Aktivitas pendanaan: Metode yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan uang untuk membayar kebutuhan-kebutuhan perusahaan. 

c. Aktivitas investasi: Mengacu pada perolehan investasi dengan tujuan menjual produk dan menyediakan jasa serta menginvestasikan kelebihan kas 

d. Aktivitas operasi: Mencerminkan pelaksanaan rencana bisnis yang terdapat dalam aktivitas pendanaan dan investasi. 



11. Jelaskan bagaimana laporan keuangan mencerminkan aktivitas bisnis perusahaan. 

Laporan keuangan mencerminkan aktivitas bisnis karena laporan keuangan disiapkan untuk melaporkan aktivitas pendanaan dan investasi pada suatu periode dan untuk meringkas aktivitas operasi selama periode sebelumnya dilihat dari neracanya, laporan laba rugi, laporan ekuitas pemegang saham, dan arus kas yang menimbulkan aktivitas bisnisnya terjadi dalam laporan keuangan tersebut. 



12. Identifikasi dan bahas empat laporan keuangan perusahaan yang utama. 

a. Neraca: Laporan yang berisi harta, utang dan modal perusahaan pada suatu saat tertentu. 

b. Laporan Laba Rugi: Mencerminkan aktivitas operasi atau kinerja perusahaan. 

c. Laporan Ekuitas Pemegang Saham: Mengidentifikasi alasan perubahan klaim pemegang ekuitas atau aktiva perusahaan. 

d. Laporan Arus Kas: Melaporkan arus kas masuk dan keluar bagi aktivitas operasi, pendanaan, dan investasi perusahaan secara terpisah selama suatu periode tertentu. 

13. Jelaskan mengapa laporan keuangan penting bagi proses pengambilan keputusan dalam analisis keuangan. Identifikasi dan bahas pula beberapa keterbatasan laporan keuangan untuk kepentingan analisis. 

Karena biasanya dari laporan keuangan bisa mencerminkan baik buruknya kinerja perusahaan, sehingga dalam pengambilan keputusan pun bisa menjadi lebih mudah oleh pihak yang berkepentingan. 

Keterbatasan: Ketidakseragaman akuntansi menyebabkan masalah perbandingan, masalah ini muncul jika perusahaan yang berbeda menerapkan akuntansi yang berbeda untuk transaksi atau peristiwa yang sama, pilihan dan ketidaktepatan dalam akuntasi dapat mendistorsi informasi laporan keuangan. 



14. Identifikasi setidaknya tujuh sumber tambahan informasi pelaporan keuangan (di luar laporan keuangan) yang berguna bagi analisis. 

a. Management’s Discussion and Analysis (MD&A) 

b. Laporan Manajemen 

c. Laporan Auditor 

d. Catatan Penjelas 

e. Laporan Proksi 

f. Informasi Tambahan 



15. Identifikasi dan bahas setidaknya dua area analisis keuangan. 

a. Analisis profitabilitas: Evaluasi atas tingkat pengembalian investasi perusahaan. 

b. Analisis resiko: Evaluasi atas kemampuan perusahaan untuk memenuhi komitmennya. 



16. Identifikasi dan uraikan setidaknya empat kategori alat analisis keuangan. 

a. Analisis laporan keuangan komparatif 

b. Analisis laporan keuangan common-size 

c. Analisis rasio 

d. Analisis arus kas 



17. Analisis komparatif merupakan alat penting dalam analisis keuangan. 

a. Jelaskan kegunaan analisis laporan keuangan komparatif. 

b. Uraikan bagaimana pembuatan perbandingan laporan keuangan yang efektif. 

c. Bahas peringatan awal penting yang harus diambil seorang analis dalam melakukan analisis komparatif. 

a. Kegunaan analisis laporan keuangan komparatif: Menelaah perubahan saldo tiap-tiap 

akun dari tahun ke tahun atau selama beberapa tahun. 

b. Laporan keuangan yang efektif harus menginformasikan aktivitas utama perusahaan yang mencakup perencanaan pendanaan investasi dan operasi. 

c. Peringatan awal penting yang harus diambil seorang analis dalam melakukan analisis komparatif adalah adanya kecenderungan atau tren dimana analis harus melakukan perbandingan pelaporan selama beberapa periode agar bisa mengetahui petunjuk arah kecepatan dan jangkauan jarak sebuah tren. 



18. Apakah tren di masa lalu merupakan prediksi yang baik untuk tren di masa depan? Beri alasan atas jawaban Anda. 

Ya, karena tahun dasar menjadi rujukan untuk semua perbandingan, pilihan terbaik adalah tahun dimana kondisi bisnis normal (dalam hal ini kondisi di masa lalu). 



19. Bandingkan antara “perubahan jumlah absolut” dengan perubahan persentase sebagai indikator perubahan. Manakah yang lebih baik untuk analisis? 

Analisis perubahan jumlah absolut dan perubahan persentase menjadi relevan karena dasar dolar yang berbeda dalam perubahan persentase sehingga menghasilkan perubahan besar yang tidak konsisten dengan kepentingan aktualnya 



20. Identifikasi kondisi yang menghalangi perhitungan perubahan persentase yang valid. Berikan contoh. 

Kondisi yang menghalangi perhitungan perubahan persentase yaitu dasar dolar yang berbeda dalam perhitungan perubahan persentase. Sebagai contoh perubahan sebesar 50% dari angka 500 kurang signifikan dibandingkan dengan angka 50% dari angka 500.000. Titik acuan pada nilai dolar menjadi penting untuk menjaga perspektif yangg tepat dan untuk membuat kesimpulan yang valid atas kepentingan relatif perubahan. 



21. Uraikan kriteria pemilihan tahun dasar untuk analisis tren angka indeks. 

Penggunaan analisis perubahan di tahun ke tahun untuk membandingkan laporan keuangan lebih dari 2 atau 3 periode kadang merepotkan. Analisis ini memerlukan pemilihan tahun dasar untuk seluruh pos yang biasanya diberi angka indeks 100 karena tahun dasar menjadi rujukan untuk semua perbandingan. Pilihan terbaik adalah tahun dimana kondisi bisnis normal. Sebagaimana halnya perhitungan perubahan tahun ke tahun, perubahan-perubahan tertentu seperti perubahan dari angka negatif ke angka positif tidak dapat dinyatakan dalam angka indeks. 



22. Jelaskan informasi berguna apa yang dihasilkan dari analisis tren angka indeks. 

Informasi berguna yang dihasilkan dari analisis tren angka indeks adalah kekuatannya untuk menyampaikan pandangan dalam filosofi manajer, kebijakan dan mutu asli. Makin beragam lingkingan yang membentuk periode analisis, makin baik gambaran kita tentang bagaimana manajer menangani kesulitan dan memanfaatkan kesempatan. 



23. Analisis common-size merupakan alat penting dalam analisis keuangan. 

a. Uraikan laporan keuangan common-size. Jelaskan bagaimana laporan tersebut disiapkan. 

b. Jelaskan apa yang dikomunikasikan oleh laporan keuangan common-size tentang perusahaan. 

a. Laporan keuangan common-size merupakan suatu bentuk laporan yang menunjukkan item-item didalamnya yang dinyatakan dengan persentase dan juga dalam mata uang. Analisis common size sering diteruskan untuk meneliti pos-pos yang membentuk sub kelompok tertentu. Dalam menilai likuiditas aktiva lancar, penting untuk diketahui berapa proporsi aktiva lancar yang terdiri atas persediaan bukan proporsi persediaan terhadap total aktiva. Laporan laba rugi siap untuk analisis common size karena setiap pos terkait dengan angka seperti penjualan. Dalam berbagai tingkatan penjualan mempengaruhi hampir seluruh beban dan berguna untuk mengetahui berapa persen dari penjualan yang diwakili oleh tiap-tiap pos beban. Pengecualian berlaku untuk pajak penghasilan yang terkait dengan laba sebelum pajak bukan penjualan. 



b. Yang dikomunikasikan dalam laporan keuangan common size adalah memahami pembentuk internal laporan keuangan. Perbandingan waktu atas laporan common size perusahaan bermanfaat untuk mengungkapkan perubahan proporsional pos dalam kelompok aktiva, kewajiban beban dan kategori lainnya. Laporan common size mengkomunikasikan perbandingan antar perusahaan karena laporan keuangan perusahaan yang berbeda dibuat dengan format common size. Perbandingan laporan common size perusahaan dengan laporan common size pesaing atau rata-rata industri dapat menekankan perbedaan komposisi dan distribusi pada laporan common size memberikan perspektif yang lebih baik untuk mengevaluasi upaya pemangkasan biaya. 



24. Kondisi apakah yang diperlukan untuk kegunaan angka rasio keuangan? Jelaskan. 

Kondisi yang diperlukan untuk kegunaan rasio keuangan adanlah pada saat sebuah perusahaan ingin mengungkapkan hubungan penting dan menjadi dasar perbandingan dalam menemukan kondisi dan tren yang sulit untuk dideteksi dengan mempelajari masing-masing komponen yang membentuk rasio. Rasio juga diperlukan dalam kondisi bagi suatu perusahaan untuk mengetahui apakan rasio likuiditas, struktur modal, dan solvabilitas, tingkat pengembalian atas investasi, kinerja operasi, dalam pemanfaatan aktiva baik atau tidak hasilnya. 



25. Identifikasi dan uraikan keterbatasan analisis rasio. 
Rasio tersebut dibentuk dari data akuntansi dan data ini dipengaruhi oleh cara penafsirannya dan bahkan dapat dimanipulasi. 
Seorang manajer keuangan harus berhati - hati dalam penilaian apakah suatu rasio tertentu baik atau buruk dalam penilaian gabungan tentang sebuah perusahaan, berdasarkan suatu kumpulan rasio - rasio. 
Kecocokan dengan rasio gabungan industri bukan suatu jaminan bahwa perusahaan tersebut sedang berjalan normal dan dipimpin dengan baik. 
Dalam menganalisa setiap rasio, angka - angka yang diperoleh dan perhitungan tidak dapat berdiri sendiri. Rasio tersebut akan berarti bila setidaknya satu dari dua hal ini dipenuhi 1) Adanya perbandingan dengan perusahaan sejenis yang mempunyai tingkat resiko yang hampir sama; 2) Adanya analisa kecenderungan (trend) dari setiap rasio pada tahun – tahun sebelumnya. 
Pencapaian target sesuai dengan rata rata industri tidak menunjukkan Kinerja perusahaan yang baik. Kebanyakan perusahaan justru menginginkan tingkat yang lebih baik dari rata - rata industri. Oleh karena itu lebih tepat jika difokuskan pada industry leader's ratios. 

26. Analisis rasio merupakan alat penting dalam analisis keuangan. Identifikasi setidaknya empat rasio yang menggunakan: 

a. Hanya data neraca 

b. Hanya data laporan laba rugi 

c. Data neraca dan laporan laba rugi 

a. Neraca: Rasio lancar, rasio cepat, total utang terhadap ekuitas, utang jangka panjang terhadap ekuitas. 

b. Laporan Laba Rugi: Margin laba kotor, margin laba operasi, margin laba sebelum pajak, margin laba bersih. 

c. Neraca dan Laporan Laba Rugi: Jumlah hari untuk menjual persediaan, perputaran kas, perputaran piutang usaha, perputaran modal kerja. 



27. Identifikasi empat spesialis alat analisis keuangan. 

a. Analisis kapasitas hunian 

b. Analisis ramalan kas 

c. Analisis kekuatan laba 

d. Laporan variasi laba kotor 



28. Apakah yang dimaksud dengan “nilai waktu uang”? Jelaskan peran konsep ini dalam penilaian. 

Nilai waktu uang adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa sebuah entitas lebih menyukai konsumsi saat ini daripada konsumsi di masa depan. 

Peran konsep ini dalam penilaian adalah untuk menilai sebuah efek investasi memerlukan 2 buah informasi : 

1. Hasil yang diharapkan dimasa depan sepanjang umur efek 

2. Tingkat diskonto 

Sebagai contoh: hasil masa depan obligasi adalah pembayaran pokok dan bunganya. Hasil masa depan saham adalah dividen dan biaya modal yang telah disesuaikan untuk resiko 



29. Jelaskan pernyataan: Meskipun secara teoritis kita menggunakan tingkat bunga efektif untuk menghitung nilai sekarang obligasi, dalam praktik sebaliknya. 

Maksudnya: Untuk menentukan harga obligasi / nilai sekarang dari obligasi biasa penerbit obligasi menggunakan acuan perhitungan bunga nominal untuk menghitung nilai sekarang obligasi. Alasannya tingkat suku bunga berubah-ubah dari tahun ke tahun. 



30. Apakah yang salah dari pernyataan: Nilai saham merupakan nilai diskonto atas arus kas yang diharapkan di masa depan. 

Pernyatan tersebut kurang seharusnya: Nilai saham merupakan nilai diskonto atas arus kas yang diharapkan di masa depan tetapi di present valuekan. 



31. Identifikasi dan uraikan sebuah teknik untuk menghitung nilai ekuitas hanya dengan menggunakan variabel akuntansi. 

Teknik menghitung nilai ekuitas hanya dengan menggunakan variabel akuntansi yakni modal laba sisa (residual income model) dimana model ini mendefinisikan nilai ekuitas pada waktu t sebagai jumlah nilai buku kini dan nilai sekarang seluruh laba sisa yang diharapkan di masa depan. 



32. Jelaskan bagaimana hipotesis pasar efisien menggambarkan reaksi harga pasar atas data keuangan dan data lainnya. 

Terdapat tiga bentuk umum EMH (efficient market hypothesis) : 

1. Bentuk lemah: menyatakan bahwa harga mencerminkan sepenuhnya informasi yang terkandung dalam pergerakan harga historis. 

2. Bentuk semikuat: menyatakan bahwa harga mencerminkan sepenuhnya informasi yang tersedia untuk publik. 

3. Bentu kuat: menyatakan bahwa harga mencerminkan seluruh informasi termasuk informasi dari dalam. 

Bukti awal sangat mendukung EMH bentuk lemah dan EMH bentuk semikuat sehingga efisensi pasar modar menjadi hipotesis yang umun diterima. Tetapi penelitian yang elbih baru mempertanyakan keumuman EMH. Beberapa anomali harga saham telah terbuka, menyatakan bahwa investor dapat memperoleh pengembaliah lebih dengan menggunakan strategi dagang sederhana. Sebagai pendekatan pertama, harga saham kini merupakan perkiraan nilai perusahaan yang masuk akal. 



33. Bahas implikasi hipotesis pasar efisien pada analisis laporan keuangan. 

Pernyataan implikasi EMH bahwa analisis laporan keuangan tidak berguna gagal mengakui esensi perbedaan antara informasi dan interpretasi yang tepat atas informasi. Meskipun seluruh informasi tersedia pada satu waktu tertentu tercermin dalam harga, harga ini tidak selalu mencerminkan nilai.efisiensi pasar tidak saja tergantung pada ketersediaan informasi, tetapi juga pada interpretasi yang benar. 

Analisis laporan keuangan kompleks dan sulit. Cakupan pengguna laporan keuangan beragam, dari analisis institusi yang berkonsentrasi pada sedikit perusahaan dalam satu industri, sampai pengejar gosip yang tidak canggih. Semuanya bereaksi atas informasi, tetapi tentunya tidak dengan pemahaman dan kompetensi yang sama. Analisis informasi yang kompeten yang masuk ke pasar memerlukan dasar pengetahuan analisis yang kuat dan sebuah mosaik informasi-kemampuan untuk menempatkan informasi baru guna membantu evaluasi dan interpretasi posisi berikut kinerja keuangan perusahaan. Di pasar, waktu juga sangat penting. 



34. Bedakan antara resiko sistematik dan resiko tidak sistematik. Bahas komponen-komponen resiko tidak sistematik. 

Resiko sistematik yaitu resiko terkait dengan pergerakan pasar yang dominan sedangkan resiko tidak sistematik yaitu resiko khusus untuk efek tertentu. Komponen resiko tidak sistematik yakni risiko ini bisa dihilangkan dengan proses diversifikasi; risiko ini bisa dikurangi atau dikontrol; dan risiko ini unik untuk saham dan industri. 



35. Definisikan capital asset pricing model (CAPM) dan uraikan bagaimana model tersebut menggambarkan penilaian efek oleh pasar. 

Capital Asset Pricing Model adalah sebuah model yang menggambarkan hubungan antara risiko dan return yang diharapkann, model ini digunakan dalam penilaian harga sekuritas. 



36. Bahas implikasi capital asset pricing model (CAPM) pada analisis laporan keuangan. 

Capital Asset Pricing Model (CAPM) memberikan implikasi nyata pada penentuan biaya modal perusahaan serta penentuan tingkat keuntungan yang disyaratkan pada suatu proyek individu dalam perusahaan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "JAWABAN PERTANYAAN SEPUTAR ANALISIS BISNIS "