APA ITU PENYAKIT GENETIK


Penyakit penyakit genetik pada dasarnya adalah suatu penyakit yang jarang ditemukan. Penyakit ini biasanya ditimbulkan karena suatu keturunan dimana kelainaanya dikarenakan pada suatu gen resesif suatu kromosom. Pada dasarnya kebanyakan kasus seperti ini sulit dikenali dari dini pasalnya tumbuh kembang penyakit berlangsung pada waktu yang sangat lama namun pasti. Kelainan ini biasanya ditimbulkan karena kerusakan DNA dimana sifatnya sulit untuk disembuhkan untuk di obati, mungkin kelainan seperti ini hanya bisa dicegah saja. Namun cara seperti inipun masih menjadi tanda tanya besar dimana masih minimnya pengetahuan seseorang mengenai genetika, mungkin hanya masyarakat tertentu saja yang mengerti akan hal ini.
Berkembangnya berbagai jenis penyakit dan kelainan yang ditimbulkan oleh genetik manusia memang sangat sulit diobati apalagi penyakit itu diturunkan sendiri oleh orang yang mengalami suatu jenis penyakit tertentu. Kita sering memikirkan tentang penyakit penyakit yang disebarkan oleh genetic itu sendiri, sebagai penyakit langka atau kurang berarti. Memang benar penyakit  yang diwariskan itu jarang terjadi, namun bila semua penyakit yang  disebarkan secara genetic dipertimbangkan secara bersama, mereka rupanya tidak begitu langka. Frekuensi terjadinya penyakit penyakit genetic pada manusia adalah tidak tepat untuk beberapa sebab, termasuk diagnosis yang jelek, distribusi yang tidak biasa dari tipe tipe populasi, dan kasus kasus yang tidak dilaporkan.
Insiden suatu penyakit mungkin sukar ditentukan bila penyakit tidak dikenali secara fisik pada kelahiran dan bila terdapat uji untuk menetapkan perkembangannya yang akan datang. Seperti contoh penyakit yang baru bisa dikenali setelah usianya 35 tahun yaitu Korea Huntington,dan penyakit penyakit lain yang berhubungan dengan uji kimia yang digunakan, misalnya beberapa anak fenil ketouria.
Prevalensi suatu penyakit lebih sulit lagi untuk ditentukan karena populasi besar sulit disaring,khususnya untuk suatu penyakit yang agak Jarang. Kebanyakan penderita sebagian besar menolak untuk dikaji, hal ini mungkin tidak
disadari oleh kebanyakan penderita bahwa mereka membawa suatu gena mutan, mereka mungkin mempunyai bentuk subklinis suatu penyakit. Seperti telah kita ketahui bahwa insiden dan prevalensi penyakit penyakit yang disebarkan genetik beragam dengan suku bangsa, daerah geografis, atau kelamin.
Penggolongan penyakit penyakit genetic
Cara cara paling sederhana untuk menggolongkan penyakit penyakit genetic adalah sesuai dengan apakah gena yang rusak itu pada kromosom X atau kromosom otosomal, dan apakah penyakit dominant atau resesif. Selanjutnya, informasi demikian sering berguna pada konseling keluarga atau menemukan lain lain anggota keluarga yang mempunyai penyakit. Penting diperhatikan bahwa kebanyakan penyakit yang tidak berbahaya sering terjadi dengan frekuensi yang sangat tinggi.
Barangkali cara cara yang paling baik untuk menggolongkan penyakit penyakit genetic adalah berdasarkan pada protein yang rusak yang bertanggung jawab untuk keadaan ini. Di kenal lebih dari 80 varian dehidro genase glucose 6-fosfat, 49 dengan aktifitas menurun. Varian varian intrasistonik ini disebabkan oleh mutasi pada tapak tapak yang berbeda dengan gena yang bertanggung jawab untuk memprogam sintesis enzim.
Pada penyakit penyakit seperti sindroma Lesch-Nyhan, ketoasiduria rantai bercabang, penyakit gaucher, dan fenil ketouria, jumlah aktifitas enzim yang hilang berbanding langsung dengan beratnya penyakit.
Penyakit penyakit sitogenik
Penyakit sitogenik sesungguhnya bukan penyakit biokimia, namun karena mereka ditemukan sebagai kelainan sitologik yang mencolok dari kromosom kromosom, mereka dapat difikirkan sebagai mempengaruhi metabolisme protein dan asam nukleat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APA ITU PENYAKIT GENETIK "

Post a Comment