Tingkat Kepuasaan Pasien

Tingkat Kepuasaan Pasien Imobilisasi Setelah Dilakukan Tindakan Personal Hygiene. 

Hasil pengujian menunjukan tingkat kepuasaan pasien sesudah dilakukan tindakan personal hygiene di Rumah Sakit Mardi Rahayu mempunyai nilai mean 129.733, median 130.0000, standar deviasi 8.03412. 

Kepuasan pasien merupakan tujuan pelayanan kesehatan. Manfaat pelayanan terbaik bagi pasien adalah pasien merasa puas dan interaksi positif. Kebutuhan dan keinginan pasien adalah hal penting yang mempengaruhi kepuasan pasien. Pasien yang puas adalah aset yang berharga karena itu perlu perbaikan atau kesempurnan pelayanan keperawatan. Seperti dalam teori strategi kepuasan pasien haruslah didahului dengan pengetahuan yang detail dan akurat terhadap harapan pasien. Kegagalan rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pelanggan, 70% adalah karena faktor non human, sedangkan teknologi dan sistem hanya memberikan konstribusi sekitar 30%. Oleh karena itu rumah sakit berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperhatikan attitude karyawan dalam hal ini perawat yang memberikan pelayanan personal hygiene, selain itu juga harus memperhatikan aspek mutu atau kualitas pelayanan meliputi keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti langsung. 

Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien imobilisasi dengan membagikan kuesioner setelah dilakukan tindakan personal hygiene dan diisi 30 responden yang sama, mendapat hasil dengan nilai mean yaitu 129.733, median 130.0000, standar deviasi 8.03412, hal ini menunjukan kepuasaan pasien lebih baik dibandingkan sebelum tindakan personal hygiene. dikarenakan dalam melakukan tindakan personal hygiene dilakukan sesuai standar prosedur tetapi juga memperhatikan ketanggapan dan perhatian perawat terhadap kebutuhan pasien imobilisasi. 

Pasien merasa puas atas pelayanan personal hygiene yang diberikan seperti menjelaskan tujuan, prosedur, bersikap ramah dan sopan, memperhatikan privacy pasien dan cepat tanggap atas keluhan pasien. Hal ini tidak lepas dari dukungan fasilitas-fasilitas yang disediakan rumah sakit serta pengetahuan, ketrampilan dan jumlah tenaga perawat, tetapi pencapaian kepuasan pelayanan personal hygiene bisa menjadi subyektif pada masing-masing pasien tergantung pada setiap harapan dan kondisi pasien yang berbeda-beda. 

D. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien imobilisasi sebelum dan setelah Dilakukan Tindakan Personal Hygiene. 

Hasil penelitian dengan analisis t-test dapat diketahui bahwa nilai mean -42.5667 standar deviasi 12.63461 nilai t hitung adalah sebesar t = -18.453 sedangkan nilai pv adalah 0.0001. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan tingkat kepuasan pasien imobilisasi antara sebelum dan setelah dilakukan tindakan personal hygiene sesuai prosedur. 

Personal hygiene suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis. Disini pasien imobilisasi memerlukan bantuan dalam memenuhi kebutuhan fisik terutama personal hygiene. Imobilisasi sendiri adalah ketidakmampuan untuk bergerak secara aktif akibat berbagai penyakit atau impairment ( gangguan pada alat/ organ tubuh ) yang bersifat fisik atau mental. Oleh karena itu perawat harus mempunyai keinginan membantu dan memenuhi kebutuhan pasien imobilisasi dalam hal menyisir rambut, mencuci rambut, membersihkan mata, membersihkan hidung, membersihkan telinga, memotong kuku kaki dan tangan, memandikan, membersihkan genetalia dan menggosok gigi. 

Kebutuhan personal hygiene tersebut membantu mengurangi dampak negatif imobilisasi karena ketidakaktifan pasien di tempat tidur yang berkepanjangan sangat berbahaya, bagi seluruh organ tubuh. Maka selain perlu melatih rentan gerak, mengubah posisi tidur, memperhatikan balance cairan, dan tanda-tanda vital, perawat juga memperhatikan personal hygiene. Dengan cara menjelaskan tentang pentingnya personal hygiene dan membantu memenuhi kebutuhan personal hygiene pasien imobilisasi dengan memperhatikan Standart Operational Procedure tanpa mengabaikan keinginan pasien. Misalnya saat perawat memandikan, pasien ingin buang air kecil terlebih dahulu, maka perawat perlu membantu pasien buang air kecil terlebih dahulu baru memandikan pasien. 

. Setelah dilakukan tindakan personal hygiene sesuai Standart Operational Procedure yang memperhatikan kebutuhan masing-masing pasien, dengan cara komunikasi yang efektif saat melakukan tindakan personal hygiene, serta memperhatikan keramahan , kesopanan, menjaga privasi pasien dan cepat tanggap terhadap keinginan pasien, maka kepuasan pasien secara umum meningkat. Selain itu pelaksanaan personal hygiene akan membuat pasien merasa lebih nyaman, lebih bersih dan lebih segar. Hal ini meningkatkan rasa percaya diri dalam berinteraksi sosial pada waktu keluarga atau teman menjenguk. 

Mutu pelayanan keperawatan sangat tergantung antara lain kecukupan tenaga, kualitas tenaga, jumlah pasien, dan tuntutan pasien. Kelemahan pelaksaan personal hygiene antara lain membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga terkadang tidak dapat dilakukan dengan baik, karena perawat harus melakukan tindakan keperawatan yang lain, kondisi ini juga disebabkan jumlah tenaga yang kurang. Oleh sebab itu jumlah tenaga yang ada harus dimaksimalkan. Selain itu peningkatan kualitas perawat dapat dilakukan secara internal dalam rapat rutin bulanan. Pada rapat tersebut mencoba membahas dan mereview kembali tindakan personal hygiene dan kendalanya. Sehingga perawat dapat memberikan asuhan keperawatan lebih baik. Kalemahan lain adalah kurang dimanfaatkannya sarana yang ada, selain itu sarana untuk mencuci rambut masih kurang, karena sering kali saat mencuci rambut pasien tempat tidur pasien menjadi basah sehingga pasien menjadi tidak nyaman. 

Peningkatan asuhan keperawatan pada pasien imobilisasi dilakukan juga karena tuntutan pasien sebagai penerima layanan kesehatan semakin meningkat sehingga perawat harus menyadari bahwa perlu membenahi dan meningkatkan pemberian layanan asuhan keperawatan yang profesional agar memberikan kepuasan bagi pasien imobilisasi sebagai penerima jasa layanan perawatan personal hygiene. Adanya perbedaan tingkat kepuasan pasien setelah dan sebelum dilakukan tindakan personal hygiene ditunjukkan dengan nilai pv 0.0001. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tingkat Kepuasaan Pasien"

  1. @bopelnews
    Bopelnews Menyediakan Berita Seputar Sepak Bola Terlengkap Dan Terupdate

    Yuk baca sekarang juga berita- berita hangat seputar sepak bola dunia

    ReplyDelete