Tingkat Kepuasaan Pasien Imobilisasi

Tingkat Kepuasaan Pasien Imobilisasi Sebelum Dilakukan Tindakan Personal Hygiene. 

Hasil tingkat kepuasaan pasien sebelum dilakukan tindakan personal hygiene di Rumah Sakit Mardi Rahayu adalah mean 87.1667, median 88.5714, standar deviasi 10.62555. 

Personal hygiene adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis, kurang perawatan diri adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu melakukan perawatan kebersihan untuk dirinya. dengan melihat hal ini ada enam tujuan Personal hygiene yaitu meningkatkan derajad kesehatan seseorang, memelihara kebersihan diri seseorang, memperbaiki personal hygiene yang kurang, mencegah penyakit, menciptakan keindahan, dan meningkatkan rasa percaya diri. Jika pelaksanaan personal hygiene belum maksimal maka selain menurunkan tingkat kepuasan pasien, juga dapat mempengaruhi kesehatan pasien. 

Pasien imobilisasi merupakan individu yang tidak mampu melakukan perawatan kebersihan untuk dirinya, maka pasien memerlukan bantuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Disini diperlukan kesadaran perawat untuk bersikap lebih perhatian, lebih aktif. Sebab personal hygiene sering dianggap persoalan yang sepele, padahal hal ini juga mempengaruhi kesehatan dan psikis seseorang, oleh sebab itu perawat harus selalu memotivasi pasien untuk mau dibantu kebutuhan personal hygienenya. Selain perawat perlu memiliki pengetahuan akan dampak negatif imobilisasi. Misalnya, dampak negatif pada kulit. Hal ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan kulit dengan mandi, massage dengan lotion dan merubah posisi tidur secara berkala. 

Dari data kepuasan pasien sebelum dilakukan tindakan personal hygiene nilai mean yaitu 87.1667, nilai median 88.5714, nilai standar deviasi 10.62555. Hal ini menunjukkan pelaksanaan personal hygiene belum maksimal karena tindakan personal hygiene yang sesuai dengan Standart Operational Procedure dan dilakukan dengan perhatian (caring) memerlukan waktu yang cukup lama. Dari hasil penelitian, diketahui waktu yang digunakan sekitar 90 menit untuk 1 orang. Dalam kondisi jumlah pasien yang banyak kondisi ini tidak mungkin dilakukan sebab membutuhkan waktu yang cukup lama atau dilakukan namun tidak sesuai prosedur, karena perawat akan melakukan tindakan keperawatan yang lebih utama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tingkat Kepuasaan Pasien Imobilisasi"

Post a Comment