TANJUNG BENOA PULAU BALI


Tanjung Benoa
2.3.1 Letak
Tanjung Benoa yang terletak di ujung timur "sepatu" pulau Bali, merupakan salah satu tujuan wisata air yang cukup lengkap. Berbagai sarana olahraga air disediakan disini seperti, banana boat, snorkling, flying fish, parasailing dan jetski. Uniknya olahraga surfing yang banyak dijumpai di pantai-pantai lain dari pulau bali, justru tidak tersedia di objek wisata ini, hal ini dikarenakan ombak yang ada dilokasi wisata ini cenderung tenang, sehingga kurang cocok untuk olah raga surfing. Desa Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Propinsi: Bali. Lokasinya berada di ujung sempit membuatnya disebut Tanjung Benoa. Namun justru itulah yang menyebabkannya cukup unik.



2.3.2 Sejarah
 Dahulu pantai ini hanya pantai biasa yang umum, namun karena keindahanya pantai ini dijadikan obyek wisata oleh pemerintah daerah Bai dengan membangun dan melengkapi faslitas yang di butuhkan.

2.3.3 Kondisi Fisik
Tanjung Benoa memiliki terumbu karang yang indah. Pasir pantainya berwarna putih kecokelatan, meskipun demikian Tanjung Benoa kelihatan bersih dan putih. Pantai ini memiliki fasilitas permainan maupun olahraga yang cukup banyak seperti banana boat, snorkeling, flying fish, parasiling, jetski, dan masih banyak lainya. Harga sewa untuk wahananya pun juga cukup terjangkau.
Kebersihannya juga cukup terjaga dan banyak tersedia warung makan ataupun restoran disekitar pantai. Hotelnya pun juga tersedia banyak dari harga  ekonomi sampai istimewa.

2.3.4 Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan tanjung Benoa adalah terdapat di wahana permainan, serta memiliki pemandangan bawah laut yang cukup indah selain  itu terdapat hewan laut yang hampir punah yakni penyu. Karena adanya penyu ini maka para pengunjungpun dapat melihat dan berfoto dengan hewan ini.
Kekurangan dari Tanjung Benoa adalah karang-karang yang ada di pantai ini terlalu menjorok ke pantai. Harga yang ditawarkan ke pengunjung relative mahal dengan durasi 10-15 menit, namun pada kenyataannya hanya berkisar 5 menit.


2.4  Pantai Kuta
2.4.1. Lokasi
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak 11 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, tepatnya di kabupaten Badung. Secara astronomi terletak 08043’21,8” LS dan 115010’10,8” BT dan dapat dicapai dengan mudah menggunakan transportasi umum dari terminal bus Tegal dengan perjalanan kira-kira 15 menit. Sehingga sangat mudah dijangkau. Bagi wisatawan (tourist) domestik maupun mancanegara, menikmati waktu senja di Pulau Bali terasa tidak lengkap jika belum menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di Pantai Kuta. Daya tarik Pantai Kuta berbeda dengan Pantai Sanur yang lebih diminati karena keindahan mentari terbitnya (sunrise). Selain panorama sunset, Pantai Kuta juga menyuguhkan pemandangan yang cukup mengesankan, yakni garis lengkung pantainya yang berbentuk bulan sabit dengan hamparan pasir putih sepanjang + 2 km.
Pantai ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara yang sangat terkenal. Di Kuta sendiri banyak terdapat pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai Sunset Beach atau pantai matahari terbenam sebagai lawan dari pantai Sanur.

2.4.2 Sejarah Pantai Kuta
Sejarah pantai Kuta bermula dari 300 tahun yang lalu telah dibangun sebuah konco di pinggir “Tukad Mati” dimana sungai tersebut, dahulu dapat dilayari. Perahu masuk ke pedalaman Kuta, sehingga Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang. Mads Longe seorang pedagang Denmark abad ke 19, mendirikan markas dagangnya di pinggir sungai tersebut. Selama tinggal di Bali dia sering menjadi perantara antara Raja-Raja Bali dan Belanda. Mads Longe meninggal secara misterius. Kuburan Mads Longe terletak di sebelah konco di pinggir sungai tersebut. Dahulu Kuta adalah sebuah desa nelayan yang sunyi, sekarang telah berubah menjadi kota kecil lengkap dengan kantor pos, kantor polisi, pasar, apotik, photo centre dan lain-lain. Sepanjang pantai pasir putih yang berbentuk bulan sabit tersebut terhampat banyak hotel mewah.

2.4.3 Kondisi Fisik
Pantai Kuta merupakan pantai yang mempunyai pasir putih dengan garis lengkung pantainya yang berbentuk bulan sabit yang sangat landai. Sementara di bagian lain Pantai Kuta ada lokasi yang selalu bergelombang besar sehingga pantas dijadikan lokasi surfing.

2.4.4  Kelebihan dan Kekurangan
Pantai Kuta memiliki panorama yang sangat menakjubkan. Pohon yang melambai-lambai ketika tertiup angina ditambah dengan deburan ombak yang menawan sangatlah indah untuk dinikmati. Ditambah lagi disediakannya fasilitas yang lengkap, sangatlah cocok untuk tujuan wisata. Akan tetapi jalan menuju Kuta seringkali macet dan kondisi Pantai yang kotor akibat ulah pengunung yang kurang bijaksana mengurangi keindahan Kuta.


E. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)
1.  Lokasi
Terletak diatas dataraan tinggi batu kapur padas dan menatap kawasan wisata dipesisir selatan Bali, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park adalah jendela seni dan budaya Pulau Dewata yang memiliki latar belakang alami serta panorama yang sangat mengagumkan. Dengan jarak tempuh 15 menit dari Pelabuhan Udara dan kurang dari satu jam dari lokasi perhotelan utama, GWK menjadi salah satu tujuan utama untuk berbagai pertunjukan kesenian, pameran dan konferensi ataupun kunjungan santai bahkan kunjungan spiritual

2. Sejarah
Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia.
Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

3. Kondisi Fisik
Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park merupakan sebuah taman wisata di Unggasan Jimbaran Bali dengan objek wisata Patung GWK (Garuda Wisnu Kencana). Patung GWK ini adalah patung replika Dewa Wisnu yang menunggangi kendaraan bernama Garuda setinggi 12 m, karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.
Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty.

2.4.4 Pengunjung GWK
Banyak pengunjung nyang berdatangan ke GWK untuk menyaksikan kesenian yang ada. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga tujuh ribu orang. Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar, misalnya acara internasional.

2.4.5 Kekurangan dan Kelebihan
Kelebihan dari Taman Garuda Wisnu Kencana adalah adanya panorama yang sangat indah di Indraloka Garden. Selain itu, setiap sore pengunjung bias menonton tari kecak yang terkenal dengan gratis di pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Pengunjung juga dapat mendapatkan souvenir Bali dan merchandise GWK di Garuda Wisnu Kencana souvenir shop dan Bali artmarket. Pengunjung bahkan dapat menemukan spa Bali dan produk aroma terapi di toko ini.
Sedangkan kekurangan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ini yaitu banyaknya lahan yang masih kosong sehingga jarak tempat yang ingin dituju terlalu jauh.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "TANJUNG BENOA PULAU BALI"