PANTAI SANUR BALI


A. Pantai Sanur
2.1.1  Letak Pantai Sanur
Pantai sanur terletak di Desa Sanur, Kota Badung, Denpasar, tepatnya berlokasi di kaki Pulau Bali. Kira-kira perjalanan 15 menit dari Art Center dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan beroda dua maupun empat.

2.1.2. Sejarah Pantai Sanur
            Pantai Sanur berdiri pada tahun 1932 yang didirikan oleh Adrean Jean Majeor The Markpres. Pada mulanya Adrean Jean Majeor The Markpres berlayar di Indonesia, beliau sempat singgah di Pulau Bali. Pada saat itu Adrean Jean Majeor The Markpres bertemu dengan seorang gadis bernama Nyi Nyoman Polok, ia baru berusia 15 tahun. Kemudian mereka menjalin hubungan dan kemudian mereka menikah.
            Pada tahun 1958 Adrean Jean Majeor The Markpres meninggal dan pada tahun 1985 Nyi Nyoman Polok juga meninggal.
Pantai sanur terkenal dengan matahari terbitnya. Menurut orang-orang Pantai Sanur adalah tempat suci Nyi Roro Kidul dan akirnya Pantai Sanur menjadi salah satu obyek wisata di Pulau Bali yang terkenal di dunia. Pantai sanur juga terkenal dengan pasir putihnya yang dapat menghilangkan penyakit rematik.

2.1.3. Kondisi Fisik
Obyek ini memiliki tempat yang strategis yang memiliki panjang pasir putihnya 3 kilometer dari pesisir pantainya. Sebenarnya pantai sanur ini  sangat indah, tetapi sayangnya kurang terawat karena tidak ada petugas kebersihannya.
Pengunjung  Pantai Sanur
Pantai Sanur yang memiliki tempat sejuk, terdapat banyak pengunjung, terutama para turis manca Negara yang berpariwisata. Kebanyakan pengunjung tersebut datang pada saat pagi hari. Karena mereka akan menikmati dan melihat matahari terbit (sun rise). Karena dipantai sanur kita dapat melihat sun rise secara jelas.
Objek wisata pantai sanur merupakan salah satupantai yang cantik, indah, dan bersejarah. Pantai sanur dikenal dengan sun rise beach atau pantai matahari terbit karena saat pagi hari kita dengan leluasa melihat matahari terbit tanpa dihalangi oleh pegunungan atau bukit. Gugusan pulau serangan dan bukit batu karang yang menjorot ke laut di seberang laut terlihat dari pantai sanur sebelah selatan. Panorama pantai sanur sebelah selatan lebih indahbila dilihat pagi hari. Tempat meninjau yng strategis adalah bagian timur di semawang dan mertasari.
Keadaan udara disana terasa segar dan bertiup angina laut yang nyaman. Suasana di sepanjang pantai sanur terang dan teduh karena penuh dengan pohon besar. Pantai sanur baik untuk menikmati matahari terbit ( sun rise ) dan berjemur disepanjang pntai yang berpasir putih.
2.1.4 Pengunjung  Pantai Sanur
Pantai Sanur yang memiliki tempat sejuk, terdapat banyak pengunjung, terutama para turis manca Negara yang berpariwisata. Kebanyakan pengunjung tersebut datang pada saat pagi hari. Karena mereka akan menikmati dan melihat matahari terbit ( sun rise ). Karena dipantai sanur kita dapat melihat sun rise secara jelas
2.1.5 Kelebihan dan Kekurangan
Pantai Sanur merupakan tempat yang strategis, udaranya sejuk dan pemandangannya sejuk sehingga  karena memiliki tempat yang strategis, sejuk maka para pengunjungpun merasa nyaman, apalagi dengan pasir putihnya yang dapat mengobati rematik. Obyek ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti pedagang, kamar mandi, restoran, vila, tempat beristirahat, dan lain-lain.
Namun, pelayanan keamanan di pantai ini masih belum memadai. Sehingga keselamatan pengunjungpun belum terjamin. Karena petugas Badan Penyelamatan Wisata Tirta (balawisata) yang jumlahnya juga belum memadai. Selain itu perawatan keberdihan belum memadai. Banyak sampah yang dibuang sembarangan. Hal ini menyebabkan  kurangnya keindahan Pantai sanur. Selain itu, sulit mendapatkan restaurant atau café dengan layanan  wifi gratis.

2.2  Museum Bajra Sandhi
2.2.1. Letak
Museum Bajra Sandhi terletak di areal lapangan Niti Mandala Denpasar, Jl. Raya Puputan, Denpasar. Wilayah ini di mana sebagian besar kantor –kantor pemeritah berada. Monument ini berdiri anggun di tengah lapangan hijau yang biasanya digunakan oleh masyrakat sebagai saran olah raga seperti jogging , sepak bola , dan bola basket selama sesi pagi / sore


2.2.2 Sejarah
Museum ini dibangun dengan meniru mentuk bajra yang sering digunakan oleh pemangku/sulinggih. Museum ini dibangun di atas tanah seluas 13,8 hektar dengan luas gedung 70 x 70 meter. Museum ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada tanggal 14 Juni 2003.
Museum ini menjadi simbol masyarakat Bali untuk menghormati para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman, serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari 17 anak tangga yang ada di pintu utama, 8 buah tiang agung di dalam gedung monumen, dan monumen yang menjulang setinggi 45 meter.
Bentuk museum ini diambil berdasarkan cerita Hindu pada saat Pemutaran Gunung Giri Mandara oleh Para Dewa dan Raksasa guna mendapatkan Tirta Amertha atau Air Suci Kehidupan. Dinamakan Museum Bajra Sandi karena bentuk museum ini seperti Bajra atau Genta yang dipakai oleh para pemimpin Agama Hindu dalam mengiringi pengucapan japa mantra pada saat melakukan upacara Agama Hindu.
Bentuk museum ini diambil berdasarkan cerita Hindu pada saat Pemutaran Gunung Giri Mandara oleh Para Dewa dan Raksasa guna mendapatkan Tirta Amertha atau Air Suci Kehidupan
Dinamakan Museum Bajra Sandi karena bentuk museum ini seperti Bajra atau Genta yang dipakai oleh para pemimpin Agama Hindu dalam mengiringi pengucapan japa mantra pada saat melakukan upacara Agama Hindu.

2.2.3  Kondisi Fisik
Museum ini menjadi simbol masyarakat Bali untuk menghormati para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman, serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari 17 anak tangga yang ada di pintu utama, 8 buah tiang agung di dalam gedung monumen, dan monumen yang menjulang setinggi 45 meter.

2.2.4 Pengunjung
Pengunjung Museum Bajra Sandhi sangat ramai di banding di kuta atau sanur. Kebanyakan pengunjungnya ternyata orang-orang local. Museum ini berdiri megah di tengah lapangan hijau yang biasanya digunakan untuk olehrag oleh masyarakat. Seperti jogging, sepakbola, dan bola basket.
Desain Bajra sandhi yang menarik banyak menjadikan pengunjung datang ke museum ini. Seingkali event dihelat di museum ini misalnya pameran foto atau lukisan. Museum ini dapat dikunjungi hampur setiap hari keculai hari raya Keagamaan atau hari besar lainnya.

2.2.5        Kelebihan dan Kekurangan
Museum Bajra sandi menempati areal yang luas. Banyak ruangan yang menyenangkan untuk dinikmati. Antaranya yaitu ruang pameran, ruang administrasi, ruang informasi, ruang perpustakaan, dll. Pemandangan disekitar museum ini sangat indah serta banyak pohon-pohon yang rindang.
Namun sayangnya Museum ini terasa terik dasn panas selain itu tangga yang dipregunakan untuk masuk juga terlalu tinggi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANTAI SANUR BALI"

Post a Comment