BAB 3 GARIS BESAR PENULISAN TUGAS AKHIR

3.1. Kerangka Tugas Akhir 

Tugas Akhir yang harus disusun oleh mahasiswa terdiri atas tiga bagian, yaitu: bagian awal, bagian utama, dan bagian akhir. Tugas Akhir ditulis dengan jumlah minimal 60 halaman dan maksimal 120 halaman (tidak termasuk lampiran). 

Pada bagian awal Tugas Akhir terdiri atas halaman-halaman yang memuat hal-hal sebagai berikut: 

Bagian Awal 

Bagian Awal ini terdiri dari: 

1. Halaman Judul 

2. Halaman Pernyataan 

3. Halaman Pengesahan 

4. Halaman Persembahan 

5. Abstraksi 

6. Halaman Kata Pengantar 

7. Halaman Daftar Isi 

8. Halaman Daftar Tabel 

9. Halaman Daftar Gambar: Grafik, Diagram, Bagan, Peta dan sebagainya 


Bagian Utama 


Bagian Utama ini terdiri dari: 

1. Bab I Pendahuluan 

2. Bab II Tinjauan Pustaka/Landasan Teori 

3. Bab III Gambaran Umum Institusi 

4. Bab IV Analisis dan Pembahasan 

5. Bab V Kesimpulan dan Saran 


Bagian Akhir 




Bagian akhir terdiri dari: 

1. Daftar Pustaka 

2. Lampiran 




Di antara halaman pengesahan dan abstrak mahasis­wa diperkenankan menambahkan dedikasi/persembahan yang merupakan halaman khusus. Halaman-halaman pada bagian awal itu masing-masing diberi nomor halaman dengan huruf Romawi kecil (i, ii, iii, iv, dan seterusnya) yang diletakkan di bawah (posisi di tengah halaman). Penomoran ini dimulai dari halaman judul sebagai nomor i, sedang sampul luar tidak diberi nomor. 

Bagian utama Tugas Akhir terdiri atas beberapa bab dan subbab (sesuai dengan kebutuhan pembahasan) yang tersusun secara berurutan, antara lain berisi: 

1. Pendahuluan 

a. Latar Belakang 

b. Rumusan Masalah 

c. Tujuan Penulisan 

d. Metode Penulisan 

2. Tinjauan Pustaka dan Landasan Teori 

3. Gambaran Umum 

4. Pembahasan/Analisis 

Pada bagian atau bab ini terdiri atas beberapa subbab sesuai dengan permasalahan yang dibahas. Sajikan seca­ra sistematis dengan mangacu pada rumusan masalah. 

5. Kesimpulan dan Saran 

a. Kesimpulan hasil observasi/pengamatan berdasarkan rumusan masalah (bukan ringkasan) 

b. Saran 



Pada bagian akhir Tugas Akhir terdiri atas hal-hal sebagai berikut: 

1. Daftar Pustaka 

2. Lampiran 



3.2 Ketentuan Penulisan 

3.2.1. Bagian Awal 

Pada bagian awal Tugas Akhir, ketentuan penulisannya diatur sebagai berikut: 

3.2.1.1 Sampul Luar 

Pada sampul luar diberi tulisan yang sama dengan yang tertera pada halaman judul, ditulis dengan tinta keemasan (kuning). Jika Tugas Akhir itu sudah diujikan dan dinyatakan lulus, kemudian Tugas Akhir dijilid dengan sampul luar berlapiskan kertas linen polos berwarna Merah Tua. 

3.2.1.2 Halaman Judul 

Pada halaman judul harus memuat judul Tugas Akhir, lambang Universitas Sebelas Maret, Surakarta, nama penyusun, nomor induk mahasiswa, tujuan pembuatan Tugas Akhir, nama Program Studi, Fakultas, lembaga induk, kota dan tahun pembuatan. 

a. Judul Tugas Akhir 

Judul Tugas Akhir harus jelas dan informatif, yaitu harus dapat menggambarkan dan sesuai isi yang dibahas di dalam Tugas Akhir, sehingga dengan sekali membaca judul, pembaca dapat langsung menangkap maksudnya. Kata-kata dalam judul hendaknya dipilih yang padat makna. Harus diingat, bahwa judul itu bukan kalimat, tetapi berbentuk frasa. Judul Tugas Akhir sebaiknya tidak melebihi dua belas kata. Jika terpaksa menggunakan banyak kata karena pertimbangan agar lebih mudah dipahami maknanya, pisahkan sebagian kata-kata itu menjadi subjudul. Jadi, judul hen­daknya singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran mengenai masalah yang diba­has. Hindari penggunaan kata-kata klise, misalnya kata penelitian pendahuluan atau kajian awal, dan kata-kata sejenis tersebut. Judul hendaknya dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan tepat. 

b. Tujuan Pembuatan Tugas Akhir 

Ditulis sebagaimana tercantum pada contoh ha­laman judul. 

c. Logo UNS 

Logo Universitas Sebelas Maret, Surakarta, harus menggunakan bentuk yang sah dengan ukuran garis tengah 6 cm. 

d. Nama Penyusun 

Nama penyusun harus ditulis lengkap dan tidak boleh disingkat. Jika sudah mempunyai gelar akademik lain yang pernah diperoleh, tidak perlu dicantumkan. 

e. Nomor Induk Mahasiswa 

Nomor induk mahasiswa ditulis sesuai dengan nomor yang tercantum pada kartu mahasiswa. 

f. Nama Lembaga, Kota dan Tahun Tugas Akhir 

Yang dimaksud adalah nama perguruan tinggi dan nama kota di mana perguruan tinggi tersebut dan tahun dipertahankannya Tugas Akhir di depan dewan Ujian Tugas Akhir, bukan tahun dilakukannya penyusunan. 

3.2.1.3 Halaman Pengesahan 

Pada halaman pengesahan dicantumkan tanggal, bulan, dan tahun ketika dipertahankannya Tugas Akhir di depan tim penguji Tugas Akhir 

3.2.1.4 Halaman Khusus 

Apabila dikehendaki, dalam halaman khusus dapat dicantumkan dedikasi atau kata-kata mutiara, tetapi dibatasi maksimal satu halaman. Penyusun diberi keleluasaan dalam menggunakan bahasa dan format penulisannya. Letak tulisan juga bebas, artinya boleh di sudut kiri atas, di tengah, atau di sudut kanan bawah. Halaman dedikasi ini tidak harus ada dalam Tugas Akhir. Oleh karena itu, halaman ini disebut halaman khusus. 

Contoh 1: 

Tugas Akhir ini kupersembahkan kepada ayah, ibu, dan adik-adik tercinta. 





3.2.1.5 Abstrak 

Pemaparan di dalam intisari harus lengkap, tetapi singkat. Isinya, antara lain, memuat tujuan pulisan, substansi, dan metode observasi/pengamatan, yang dilengkapi kesimpulan, serta rekomendasi dari hasil observasi/pengamatan. Di dalam intisari lazimnya tidak disertakan sitasi pustaka. Di bawah baris terakhir, ditulis kata kunci (key words). Panjang intisari maksimal satu halaman atau kurang lebih 350 kata. 

3.2.1.6 Daftar Isi 

Penulisan daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai substansi Tugas Akhir. Di dalam daftar isi dicantumkan urutan judul bab dan judul subbab yang disertai dengan nomor halaman. Hanya halaman permulaan bab dan subbab saja yang dicantumkan. 

3.2.1.6 Daftar Tabel 

Daftar tabel memuat urutan judul-judul tabel yang ada di dalam Tugas Akhir yang disertai dengan nomor halaman pada tabel itu terdapat. Bila jumlah tabel kurang dari tiga, tidak perlu dibuat daftar tabel. 

3.2.1.7 Daftar Gambar 

Daftar gambar memuat urutan dari judul-judul gambar yang terdapat di dalam Tugas Akhir, baik yang berupa grafik, foto, atau bentuk lain. Pada daftar gambar harus juga disertai nomor halaman pada gambar itu terdapat. Seperti daftar tabel, bila jumlah gambar kurang dari pada tiga, tidak perlu dibuat daftar gambar. 

3.2.1.8 Daftar Lampiran 

Daftar lampiran mencantumkan urutan semua judul lampiran, seperti halnya pada daftar tabel dan daftar gambar, yaitu dengan menyertakan nomor halaman pada lampiran itu terdapat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAB 3 GARIS BESAR PENULISAN TUGAS AKHIR "

Post a Comment