Apa Itu Spektrum Warna Makanan


A. SPEKTRUM WARNA MAKANAN PUTIH

Bahan makanan : Bawang putih, beras putih, taoge, sirsak, duku, kelengkeng, leci, kol, sawi putih, kembang kol, rebung, jamur dan kacang-kacangan berwarna putih.


Manfaat : mengandung anti tumor(bawang putih),dapat menjaga kesehatan system pencernaan dan menyembuhkan luka karena banyak mengandung vitamin c, meningkatkan ketahanan tubuh, melindungi sel dari kerusakan karena mengandung flavonid, mengatur beran badan (sirsak), mencegah kanker(beras putih).



Kelemahan : vitamin c yang berlebihan yang terdapat pada makanan berwarna putih juga dapat menyebabkan gusi berdarah dan nyeri pada persendian, juga dapat menyebbkan batu ginjal , gangguan saluran pencernaan,rusaknya sel darah merah,tekanan darah rendah (sirsak), menyebabkan kadar gula darah naik , menyebabkan sembelit, menimbulkan obesitas (beras putih).


B. SPEKTRUM WARNA MAKANAN KUNING-JINGGA



Bahan makanan : jeruk, pepaya kuning, persik, nanas, wortel, cabai mangga, kunyit, jagung, labu, ubi jalar, markisa, pisang, belimbing dan makanan yang berwarna kuning –jingga lainnya.



Manfaat : makanan berwarna kuning-jingga banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata juga penurunan resiko stroke, zat betacarotene yang terkandung dalam makanan berwarna kuning-jingga berkhasiat menjaga kesehatan mata dan kulit juga mengurangi resiko terserang beberapa jenis kanker, beta cryptoxanthine yang terkandung didalamnya dapat melindungi sel dalam tubuh kita dari kerusakan, kandungan nutrisi beta dan alfa karoten yang terdapat didalamnya berfungsi untuk menghambat proses penuaan sel-sel tubuh, dan dapat juga membantu meremajakan sel-sel tubuh, memacu sistem kekebalan sehingga kita tidak mudah terserang penyakit, buah-buahan yang berwarna kuning-jingga dianggap bisa mencegah penyakit jantung koroner karena mengandung kalium, pigmen lutein dan zeaxanthin berperan mencegah terjadinya kebutaan terutama bagi wanita usia tua, betacarotene yang terdapat didalamnya dapat menjaga kesehatan paru-paru, tulang dan membantu pembentukan protein.



Kelemahan : betacarotene sebagai sumber vitamin Ayang terdapat dalam makanan berwarna jingga-kuning jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan terjadinya terjadinya kerusakan pada fungsi hati atau resiko kerapuhan tulang, defisiensi vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan,dan penurunan daya tahan tubuh.Dampak/gejala yang ditimbulkan akibat kelebihan vitamin A yaitu pusing-pusing, kerontokan rambut, kulit kering bersisik, dan pingsan.


C. SPEKTRUM WARNA MAKANAN MERAH

Bahan makanan : jambu bol, semangka, papaya, bayam merah, tomat, stroberi, jambu biji merah, kubis merah, buah delima, apel dan buah berwarna merah lainnya.

Manfaat : buah dan sayuran berwarna merah banyak mengandung lycopene yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melawan kanker,mencegah pengerasan pembuluh darah, mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan mata dan kulit, mngurangi pembengkakan prostat, berguna juga untuk menghambat kemunduran fisik dan mental sehingga orang tidak mudah pikun.

Kelemahan : mengkonsumsi lycopene secara berlebihan dapat mengganggu system pencernaan atau gangguan gastrointestinal seperti diare, susah buang air besar, kembung, mual, hingga muntah. Potassium yang terdapat pada semangka dapat menyebabkan kondisi hyperkalemia seperti detak jantng tak beraturan, dan gangguan system otot dan syaraf. Kelebihan potassium juga buruk untu ginjal karena ginjal akan bekerja sangat keras untu mengeluarkan kelebihan potassium di tubuh dan ini akan melemahkan kemampuan ginjal karena terlalu sering diforsir.


D. SPEKTRUM WARNA MAKANAN UNGU

Bahan makanan : terung ungu, ceri, black berries, blue berries, anggur ungu, plum, kol ungu, dan makanan yang berwarna ungu lainnya.

Manfaat : buah dan sayuran yang berwarna ungu mengandung anthocyanin yaitu antioksidan yang mampu menhambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah. Denga begitu, resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke berkurang. Rajin mengkonsumsi buah dan sayuran jenis ini akan membantu menjaga kesehatan jantung. Buah dan sayuran berwarna ungu baik dikonsumsi karena dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil pada pengidap diabetes, membantu menjaga kadar gula darah dan penting bagi mereka yang mengidap diabetes.


Kelemahan : dapat menyebabkan gagal ginjal , menyebabkan kerusakan otot, dapat mengakibatkan sakit kepala ringan, dapat menyebabkan reaksi pada mereka yang alergi pada anggur dan wine, terong dapat menyebabkan gangguan kejantanan , impotensi dan lain sebagai nya.


E. SPEKTRUM WARNA MAKANAN HIJAU

Bahan makanan : brokoli, sayur mayur, kacang-kacangan, bayam, kangkung,

hijau , daun katuk, daun papaya , genjer, daun kelor dan makanan berwarna hijau lainnya.


Manfaat : sayur-sayuran berwarna hijau sangat banyak mengandung zat penting yang disebut isothiocyanate, sulforaphone dan indole. Zat-zat ini mampu merangsang enzim-enzim di hati yang mampu melawan kanker. Buah yang berwarna hijau banyak mengandung asam alegat yang mampu menggempur berbagai bibit sel kanker. Asam alegat membantu menormalkan tekanan darah. Sayuran yang berwarna hijau banyak mengandung vitamin C dan B kompleks, kandungan zat besi, kalsium, magnesium, fosfor,betakarotene,dan serat. Sayuran berwarna hijau ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Buah dan sayuran berwarna hijau secara umum bagus untuk kesehatan mata dan daya ingat. Kombinasi makanan berwarna hijau mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin yang membantu mnegurangi resiko katarak dana degenerasi macula.


Kelemahan : mengkonsumsi vitamin B kompleks dapat menimbulkan efek samping diantaranya; tinja berwarna hitam, sakit perut, sembelit, mual, muntah , pusing, perubahan warna urin dan sebagainya. Mengkonsumsi vitamin C yang terdapat pada tumbuhan hijau secara berlebihan dapat mengakibatkan tubuh terasa lemah dan otot-otot lelah, kulit menjadi kemerahan, dapat mengganggu pengobatan penyakit kank

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Spektrum Warna Makanan"

Post a Comment