RISET PUBLIC RELATIONS

Lembar Judul Tugas Akhir 

Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir 

Lembar Penguji Tugas Akhir 

Lembar Konsultasi Tugas Akhir 



Kata Pengantar 

Abstraksi 

Daftar Isi 

Daftar Gambar ( lihat cara penulisan) 

Daftar Tabel (lihat cara penulisan) 

Daftar Lampiran (lihat cara penulisan) 



BAB I PENDAHULUAN 

1.1. Latar Belakang Pemilihan Judul 

Gambaran umum masalah yang akan diangkat dalam penulisan dan adanya hal menarik yang mendukung dan menyebabkan penulis untuk mengangkat masalah dan lokasi tersebut menjadi judul penulisan TA. 

1.2. Maksud dan Tujuan 

Maksud penulisan berisi tentang apa yang diharapkan dari penulis terhadap Tugas Akhir yang dibuatnya. 

Tujuan memuat tentang : Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan Program Diploma Tiga Akademi komunikasi jurusan Public Relations. 

1.3. Metode Riset 

A. Teknik Pengumpulan Data 

1. Observasi (langsung atau tidak langsung) 

2. Wawancara 

3. Kepustakaan 

4. Dokumentasi 

B. Metode Analisa Penelitian 

Kualitatif deskriptif 

C. Waku Penelitian 

Kapan, dimana dan apa yang diteliti (detail) 

1.4. Ruang Lingkup 

Dalam ruang lingkup dijelaskan batasan lingkupan masalah yang akan akan dibahas, dan pengertian konsep-konsep yang digunakan dalam masalah penelitian 

1.5. Permasalahan Pokok 

Memberikan suatu uraian tentang inti permasahan dan merumuskan dengan kalimat pertanyaan berkaitan dengan masalah yang akan di bahas. 

1.6. Sistematika Penulisan 

Memuat tentang garis besar materi yang dikandung dalam setiap Bab dalam Penulisan TA. 



BAB II LANDASAN TEORI 

2.1 Umum. 

Memuat hal umum berkaitan dengan aspek public relations dan peranannya dalam suatu perusahaan/organisasi. 







2.2 Studi Literatur 

Membahas pengertian, konsep dan teori yang berkaitan dengan judul dan masalah yang diangkat, memberikan jawaban secara teoritis tentang masalah yang dibahas, dapat diberikan anak sub Bab (a,b,c dst sesuai kebutuhan). 



BAB III PEMBAHASAN 

3.1 Tinjauan Perusahaan 

Memuat tentang sejarah, visi, misi, perkembangan dan bidang kerja organisasi dan khususnya posisi Humas di dalam Organisasi ditempat observasi dan pencarian data dilakukan. 

3.2 Analisa Data 

Memuat pembahasan masalah yang diangkat sesuai ruang lingkup permasalahan dengan memberikan detail peristiwa dan atau langkah-langkah kegiatan yang diobservasi (Perencanaan, Proses kegiatan dan Evaluasi) dan memasukan data hasil wawancara, hasil observasi yang diperoleh selama riset guna mendukung pembahasan atas masalah 

3.3 Kendala dan Pemecahan 

Kendala yang ditemukan oleh petugas humas dalam melaksanakan perannya (sesuai dengan masalah yang diangkat) dan bagaimana mereka mencari solusi atas kendala yang dihadapi tersebut. 



BAB IV PENUTUP 

4.1. Kesimpulan 

Memuat tentang kesimpulan atas pembahasan yang ada 

4.2. Saran-saran 

Memberikan saran-saran kepada tempat observasi/riset oleh penulis berkaitan dengan masalah yang diobservasi /riset 



Daftar Pustaka ( lihat cara penulisan daftar pustaka) 

Daftar Riwayat Hidup (lihat cara penulisan Daftar Riwayat Hidup). 

Lampiran-lampiran 

- Surat Keterangan PKL/Riset 

- Data-data yang diperoleh dari tempat penelitian. 

- Hasil wawancara. Dll. 



Catatan : 

1. Judul dan Masalah yang diangkat dalam tugas akhir haruslah memberikan nilai bobot pengalaman dan penambahan pengalaman bagi Mahasiswa. 

2. Judul harus menunjukan suatu permasalahan yang menarik untuk dibahas. Co. Program Kampanye Humas PJKA Dalam Mengurangi Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api. 

3. Dalam pembahasan (3.2) harus mengungkapkan secara detail tentang kegiatan yang menjadi pokok permasalahan(yang diteliti/diobesrvasi). Dijabarkan detail proses dan tahapan kegiatan meliputi Aspek backgrounds atau situasi yang melatar belakangi kegiatan, penggambaran tujuan kegiatan, Target audien, Perencanaan pesan, dan strategi serta gaya penyampaian pesan komunikasi yang dipergunakan, proses pelaksanaan kegiatan serta tahap evaluasi yang dilakukan perusahaan dalam kegiatan atau program yang dilaksanakan. 

4. Setiap Sub Bab dapat diberikan Sub-sub bab sesuai dengan kebutuhan. 


OUTLINE TUGAS AKHIR LAPORAN KARYA COMPANY PROFILE *) 



Lembar Judul Tugas Akhir 

Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir 

Lembar Penguji Tugas Akhir 

Lembar Konsultasi Tugas Akhir 



Kata Pengantar 

Abstraksi 

Daftar Isi 

Daftar Gambar 

Daftar Tabel 

Daftar Lampiran 



BAB I PENDAHULUAN 

1.1 Latar Belakang 

Mencakup latar belakang masalah dan alasan pemilihan judul karya. 

1.2 Maksud dan Tujuan 

Sebutkan maksud dan tujuan Pembuatan Tugas Akhir 

1.3 Metode Perancangan 

A. Metode Pengumpulan Data 

1. Observasi (langsung atau tidak langsung) 

2. Wawancara 

3. Kepustakaan 

4. Dokumentasi 

B. Metode Analisa Penelitian 

Kualitatif Deskriptif 

1.4 Ruang Lingkup 

Sampaikan ruang lingkup karya yang akan dibuat. 

BAB II PEMBAHASAN 

2.1 Landasan Teori 

2.1 Konsep Perancangan 

A. Analisis Situasi Perusahaan. 

1. Sejarah perkembangan dan visi misi 

2. Potensi Perusahaan. 

3. Company Profile yang pernah ada 

4. Kondisi khusus yang mengharuskan kehadiran program PR 

B. Permasalahan 

Permasalahan komunikasi yang ingin dipecahkan oleh perusahaan 

C. Konsep Kreatif 

1) Bentuk 

2). Tujuan Company Profile 

3). Target Khalayak 

Definisikan segmentasi khalayak yang ingin dijangkau 

4). Perwajahan 

a. Cover 

b. Layout (prinsip desain, type tipografi, illustrasi,dan foto) 

c. Komposisi isi 

5). Daftar Isi 

Sebutkan daftar isi, Pengertian, Maksud dan alasannya. 

6). Format * ( Audio visual menyesuaikan) 

a. Ukuran 

b. Kertas 

c. Warna 

d. Tebal halaman 

e. Binding 

D. Eksekusi Karya * 

E. Time Table dan Anggaran 

Memuat tentang langkah kerja yang dilakukan berdasarkan waktu berupa tabel dan rincian biaya produksi dalam menyelesaikan karya 

F. Kendala dan Pemecahan 

Sampaikan kendala yang dihadapi oleh penulis ketika menyelesaikan karya dan jalan pemecahan yang dilakukan. 



BAB III PENUTUP 

3.1 Kesimpulan 

3.2 Saran-saran 



Daftar Pustaka 

Daftar Riwayat Hidup 

Lampiran : - Buku karya (untuk media cetak*) 

- Naskah (untuk audio visual) 

- Karya dalam bentuk VCD/DVD (untuk audio visual) 

- Data-data wawancara, observasi dan tertulis penunjang karya 

- Foto-foto 

- Persetujuan karya dari perusahaan 

- Surat Keterangan PKL/riset 



Keterangan : *) 

Hasil karya materi Publikasi PR : 

- Company profile (cetak atau audio visual), 

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

0 Response to "RISET PUBLIC RELATIONS "

Post a Comment