Latest Updates

Trend Baru Cari Uang

PERKEMBANGAN SOSIALISASI POLITIK

Masa kanak-kanak dan masa remaja. Bagaimana caranya anak-anak secara berangsur-angsur menyadari satu lingkungan yang lebih besar? Bagaimana caranya mereka itu semakin bertambah tanggap dalam mereaksi situasi-situasi khusus dan bagaimana seluruh pandangan mereka menjadi semakin berpautan dan semakin total, sedangkan sebelum itu masih bersifat terpotong-potong dan terbatas? Kelompok Estvans mengambil kesimpulan sebagi berikut : 

Anak laki-laki dan perempuan memasuki sekolah dengan memiliki sedikit saja konsepsi mengenai pemerintahan, hanya seperempat bagian dari mereka mampu mencapai pengenalan parsial atau struktural dari peristiwa tersebut. Selanjutnya kesimpulan umum dari kelompok Estvan juga mempunyai relevansi dengan sosialisasi politik. Tanggapan anak-anak mengenai situasi ternyata sangat individual sifatnya. Sebagai hasil riset survei ke dalam sosialisasi politik, David Easton dan Robert Hess mengemukakan bahwa di Amerika Serikat belajar politik dimulai dari usia tiga tahun dan menjadi mantap pada usia tujuh tahun. 

Easton dan Dennis mengutarakan empat tahap dalam sosialisai politik diri pada anak-anak : 

1. Pengenalan otoritas melalui individu tertentu, seperti orangtua anak, presiden dan polisi 

2. Perkembangan pembedaan antara otoritas internal dan eksternal, yaitu antara pejabat swasta dan pejabat pemerintah. 

3. Pengenalan mengenai institusi-institusi politik dan mereka yang terlibat dalam aktivitas yang diasosiasikan dengan institusi-institusi ini sehingga gambaran yang diidealisir mengenai pribadi-pribadi khusus seperti presiden atau seseorang anggota kongres telah dialihkan kepada kepresidenan dan kongres. 

Gambaran yang diberikan Easton dan Dennis mengenai sosialisai politik selama masa kanak-kanak itu cukup jelas namun demikian seperti yang mereka kemukakan sendiri, gambaran tersebut merupakan gambaran yang tidak lengkap dan masih terdapat banyak kekosongan. 


Robert Lane mensugesti bahwa terdapat tiga kepercayaan politik yang dapat diletakkan di dalam keluarga : 

1. Dengan indoktrinasi terbuka (overt) dan indoktrinasi tertutup (Covert) 

2. Dengan jalan menempatkan anak dalam satu konteks social khusus 

3. Dengan jalan membentuk kepribadian anak. 

0 Response to "PERKEMBANGAN SOSIALISASI POLITIK"

Post a Comment