Pengertian Lactobacillus plantarum

Lactobacillus plantarum 

Lactobacillus plantarum adalah bakteri probiotik bacteria yang diisolasi dari sourdough bread, dan secara tradisional telah digunakan sebagai kultur untuk fermentasi bread dan kubis. L. plantarum resisten pada asam gastrik dan mendiami usus kecil bila ingested. Bakteri ini menghasilkan asam laktat dan bacteriocins. L. plantarum mempunyai aktivitas laktase sangat tinggi, dan dapat menghasilkan dan melepaskan laktase melalui perut dan usus kecil, memfasilitasi pencernaan laktosa (Anonymous 4, 2005).

Campuran bakteria Lactobacillus plantarum telah dikemukakan pada pendaftar Paten dan Cap Dagan Amerika Serikat sebagai prototiip antivirus, antibakteria, antimikrob dan antitumor. Beberapa manfaat mengambil probiotik
Lactobacillus plantarum, yaitu:

1) Menghasilkan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12 dan K serta rangkaian ringkas asid lemak.

2) Membantu memusnahkan virus dan parasit.

3) Membantu mengawal paras kolesterol sihat dan triglyceride.

4) Meningkatkan bilangan sel ketahanan badan.

5) Melindungi dari toksin persekitaran seperti racun serangga dan bahan pencemaran.

6) Mengurangkan sisa toksid.

7) Merangsang pemulihan sel.

Lactobacillus Plantarum adalah satu-satunya bahan yang tidak musnah oleh antibiotik (Anonymous 11, 2007).


 Susu Sapi 

Susu adalah sumber alami energi dan sumber 15 nutrisi alami. Disamping nutrisi ini, susu juga mengandung bahan yang telah ditemukan sebagai anti-karsinogen, seperti asam linoleat dan asam butiric.


Tabel 1. Komposisi Kedelai Cair dan Susu Sapi Tiap 100 gram
Komponen
Susu Kedelai
Susu Sapi
Kalori (kkal)
Protein (g)
Lemak (g)
Karbohidrat (g)
Kalsium (mg)
Fosfor (g)
Besi (g)
Vitamin A (SI)
Vitamin B1 (tiamin)(mg)
Vitamin C (mg)
Air (g)
41,00
3,50
2,50
5,00
50,00
45,00
0,70
200,00
0,08
2,00
87,00
61,00
3,20
3,50
4,30
143,00
60,00
1,70
130,00
0,03
1,00
88,33
Sumber : Direktorat Gizi, Dep Kes (Koswara, 1998)



Susu Kedelai 

Susu kedelai akhir-akhir ini telah banyak dikenal sebagai susu alternatif pengganti susu sapi. Susu kedelai memunyai kandungan protein yang cukup tinggi dengan harga relatif lebih murah jika dibanding dengan sumber protein lainnya. Untuk meningkatkan kandungan gizinya, susu kedelai dapat diperkaya dengan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Komposisi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi maupun air susu ibu (ASI). Kedelai khususnya penting untuk bayi dan anak-anak yang sangat memerlukan protein untuk pertumbuhannya, terutama bayi dan anak-anak yang alergi terhadap susu sapi. Sebagai minuman, susu kedelai dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh, karena pada umumnya minuman hanya bersifat menyegarkan tetapi tidak menyehatkan. Susu kedelai juga dikenal sebagai minuman kesehatan, karena tidak mengandung kolesterol melainkan kandungan phytokimia, yaitu suatu senyawa dalam bahan pangan yang memunyai khasiat menyehatkan. Kelebihan dari susu kedelai adalah ketiadaan laktosa, sehingga susu ini cocok untuk dikonsumsi penderita intoleransi laktosa, yaitu seseorang yang tidak memunyai enzim laktase dalam tubuhnya. Orang tanpa ensim laktase tidak dapat mencerna makanan yang berlemak. 

Mutu protein dalam susu kedelai hampir sama dengan mutu protein susu sapi. Misalnya, protein efisiensi rasio (PER) susu kedelai adalah 2,3, sedangkan PER susu sapi 2,5. PER 2,3 artinya, setiap gram protein yang dimakan akan menghasilkan pertambahan berat badan pada hewan percobaan (tikus putih) sebanyak 2,3 g pada kondisi percobaan baku. Susu kedelai tidak mengandung vitamin B12 dan kandungan mineralnya terutama kalsium lebih sedikit ketimbang susu sapi. Karena itu dianjurkan penambahan atau fortifikasi mineral dan vitamin pada susu kedelai yang diproduksi oleh industri besar. Dari seluruh karbohidrat dalam susu kedelai, hanya 12-14% yang dapat digunakan tubuh secara biologis. Karbohidratnya terdiri atas golongan oligosakarida dan golongan polisakarida. Golongan oligosakarida terdiri dari sukrosa, stakiosa, dan raffinosa yang larut dalam air. Sedangkan golongan polisakarida terdiri dari erabinogalaktan dan bahan-bahan selulosa yang tidak larut dalam air dan alkohol, serta tidak dapat dicerna. Secara umum susu kedelai mempunyai kandungan vitamin B2, B2 niasin, piridoksin, dan golongan vitamin B yang tinggi. Vitamin lain yang terkandung dalam jumlah cukup banyak ialah vitamin E dan K.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Lactobacillus plantarum "

Post a Comment