Apa Itu Habitat BAL

Habitat BAL 

Bakteri asam laktat dapat berasal dari saluran pencernaan manusia, produk-produk susu dan secara alamiah terdapat juga pada tanaman tertentu. Beberapa spesies bakteri asam laktat digunakan secara komersial untuk memproduksi susu fermentasi dan produk-produk daging. 

Karakteristik yang harus dipenuhi oleh galur probiotik antara lain adalah mikroflora alami normal di dalam usus, dapat bertahan hidup, berkembang biak dan bermetabolisme di dalam usus, bersifat antagonis terhadap bakteri patogen dan karsinogenik serta tidak beracun dan bukan patogen. Selain itu harus dapat menempel pada sel epitel manusia dan mengkolonisasi pada sisi penempelan, serta dapat mencegah kolonisasi bakteri patogen pada dinding mukosa usus dan efek ini sering disebut dengan resistensi kolonisasi (Sugiono dan Mahenda, 2004). 

Proses pembuatan yoghurt ada dua macam yaitu tahap persiapan kultur starter dan tahap pemrosesan susu menjadi yoghurt. Tahap persiapan kultur starter, kultur untuk fermentasi dipersiapkan dengan metode di bawah ini. 

Secara umum ada dua kategori kultur starter laktat: 

1. Kultur sederhana. Terdiri dari satu jenis organisme, atau lebih dari satu yang masing masing jumlahnya diketahui. 

2. Kultur campuran. Lebih dari satu jenis organisme, yang masing masing menghasilkan karakter yang spesifik. 

Sekurangnya sekarang terdapat 11 genus LAB (dairyscience.info, 2006) dan yang digunakan untuk kultur starter tidak lebih dari 5 saja. Yang termasuk dalam jenis bakteri asam laktat dan digunakan sebagai kultur starter adalah: 
Enterococcus 
Lactobacillus 
Lactococcus 
Leuconostoc 
Streptococcus 


Lactobacillus casei dan Lactobacillus plantarum 


Lactobacillus casei 

Pada tahun 1930, Shirota menemukan Lactobacillus casei yang terkenal dengan nama strain Yakult (Pusponegoro, 2007). Lactobacillus casei merupakan penghuni natural dari usus halus manusia dan resistan terhadap cairan empedu. Spesies ini umumnya digunakan sebagai probiotik meskipun digunakan juga pada beberapa kultur starter sebagai non-starter lactic acid bacteria (NSLAB) pada keju Cheddar. L-laktat adalah isomer utama yang diproduksi oleh jenis ini, meskipun beberapa strain juga memproduksi D-laktat dalam jumlah kecil. Rogosa agar telah secara luas digunakan sebagai medium isolat untuk lactobacilli (Anonymous 3, 2006). 

Ditambahkan Lanny (2004), Lactobacillus casei, bahan utama pembuat bakteri asam laktat, dapat mengaktivasi sel natural killer (NK) dalam tubuh. Sel ini berperan penting dalam mengawasi sistem kekebalan tubuh untuk melawan perkembangan tumor, dan infeksi yang disebabkan oleh virus. Manfaat probiotik lainnya adalah meningkatkan sintesis dan dayaguna biologi nutrien. Fermentasi dengan probiotik akan meningkatkan kandungan vitamin B2 dan B3 pada yogurt, vitamin B12 pada jenis keju cottage, dan vitamin B6 pada keju cheddar. Probiotik juga dapat menurunkan prevalensi alergi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi produk probiotik yaitu: faktor umur, kondisi sakit, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta memperhatikan label produk yang berisi keterangan jumlah kandungan bakteri, di samping jumlah konsumsi yang dianjurkan (Lanny, 2004).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Habitat BAL"

Post a Comment