Cara Pemeliharaan Broiler

Day Old Chick (DOC) strain SR 707 adalah hasil persilangan antara ayam Cornish dan Playmouth Rock yang memang dikhususkan untuk memproduksi daging, DOC ini ditetaskan di Hatchery Maros DOC yang digunakan berjumlah 64 ekor. Pada saat chick in DOC diberi air gula pasir untuk memenuhi kebutuhan energi yang hilang dalam perjalanan dan empat jam kemudian DOC diberi pakan berupa butiran. DOC ditempatkan dalam kandang panggung yang diberi 4 macam perlakuan, tiap perlakuan terdiri atas 4 petak kandang, tiap petak diisi 5 ekor broiler yang dilengkapi dengan tempat makan dan minum serta balon lampu pijar masing-masing 1 buah.

Pemeliharaan broiler melalui 2 tahap pemeliharaan, pertama broiler diberikan ransum butiran selama 21 hari dan pemeliharaan ke 2 yaitu umur 22 sampai 42 hari diberikan perlakuan daun katuk dan kunyit. Sebelum diberi perlakuan, broiler ditimbang untuk mendapat berat homogeni sebanyak 64 ekor dan secara acak dimasukkan ke dalam petak kandang

Pencegahan penyakit ND, maka dilakukan vaksinasi dengan menggunakan vaksin strain NDBI melalui tetes mata pada umur 3 hari. Vaksin gumboro diberikan pada umur 14 hari dan vaksin ND lasota diberikan pada umur 21 hari melalui injeksi (suntik). Air minum dan ransum diberikan secara ad libitum.

Parameter yang Diukur

1. Persentase Berat Bagian Karkas

Pengukuran persentase berat bagian-bagian karkas menurut Zaenab dkk (2005) :



2. Persentase Berat Organ dalam

Pengukuran berat organ dalam diperoleh dari pembagian antara bobot organ dalam (hati, pancreas, jantung, rempela) dengan bobot hidup broiler dikalikan dengan 100% setelah disisihkan lemak yang melekat (Auza, 2010).


Pengolahan Data 

Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan analisis ragam sesuai dengan rancangan Acak Lengkap (RAL) dan perlakuan yang memberi pengaruh nyata di Uji Kontras Ortogonal (Steel dan Torrie. 1989).

Adapun model matematikanya yaitu :

Yij = µ + τί + εij 

Keterangan : 

Yij = Hasil pengamatan dari perubah pada penggunaan tepung daun katuk dan Kunyit ke-I dengan ulangan ke-j.



µ = Rata-rata pengamatan

τί = Pengaruh perlakuan i

εij = Pengaruh galat percobaan dari perlakuan ke-i dan ulangan ke-j

i = 1, 2, 3 dan 4

J = 1, 2, 3 dan 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pemeliharaan Broiler"

Post a Comment