Bagian Organ Dalam Broiler

Menurut Branion (1963) dalam Nugroho (2010), Viscera adalah bagian organ dalam atau jeroan dari ternak ayam setelah dipisahkan dari tubuh dan sebelum dibersihkan giblet (hati, empedal, jantung), serta timbunan lemak pada empedal. Bobot viscera dipengaruhi oleh jumlah pakan, tekstur pakan, kandungan serat pakan, dan pakan tambahan berupa grit yang mempengaruhi besar empedal, sehingga bobot viscera pun meningkat. Menurut Cole dan Ronning (1974) dalam Nugroho (2010), Proporsi viscera pada ayam broiler yang dipanen pada umur 8 minggu adalah 14, 3%-15,9%

Menurut Ensiminger (1998), persentase bagian yang dipisahkan sebelum menjadi karkas adalah hati/jantung 1,50%, rempela 1,50%, paru-paru 0,90%, usus 8%, leher/kepala 5,60%, darah 3,50%, kaki 3,90%, bulu 6%, karkas 60,10% serta air 9%.

Hati merupakan organ yang berperan dalam sekresi empedu, metabolisme lemak, karbohidrat, zat besi, fungsi dedoktofikasi serta berperan dalam metabolisme dan penyerapan vitamin (Ressang, 1984).

Pankreas terletak diatara lengkungan duodenum pada usus halus yang bertanggung jawab pada sekresi enzim pencernaan dan sekresi hormon. Pankreas berfungsi mensekresikan enzim amylase, lipase, protease, enzim proteolitik, dan sodium bikarbonat untuk membantu pencernaan karbohidrat, protein, dan lemak (Putnam, 1991).

Menurut Ressang (1984), jantung mempunyai daya besar dalam menyesuaikan diri pada perubahan dalam tubuhnya, besar jantung sangat dipengaruhi oleh jenis, umur, besar dan aktivitas hewan. Unggas umumnya memiliki ukuran jantung dan bervariasi, berat jantung rata-rata adalah 0,5 – 1,42% dari berat hidup.

Rempela memiliki dua pasang otot yang sangat kuat sehingga ayam mampu menggunakan tenaga yang kuat. Mukosa permukaan gizzard sangat tebal. Partikel makanan yang berukuran besar akan cepat dipecah menjadi partikel yang sangat kecil (secara mekanik) sehingga bisa masuk ke saluran pencernaan. Pada rempela juga mengandung bahan-bahan yang mudah terkikis seperti pasir, karang dan kerikil. Fungsi rempela adalah menggiling dan menghancurkan makanan menjadi partikel-partikel yang lebih kecil yang biasanya dibatu oleh grit. Berat rempela adalah 1,6 -2,3% dari berat hidup (Suprijatna, dkk., 2005).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagian Organ Dalam Broiler"

Post a Comment