CARA MELAKUKAN TRANSFORTASI UNTUK PANGAN


Transportasi

Selama transportasi untuk keperluan distribusi, pangan masih mungkin mengalami pencemaran sehingga sampai di tempat tujuan dalam keadaan yang tidak layak untuk dikonsumsi, meskipun proses produksi sebelumnya telah dilakukan dengan carta yang baik dan memenuhi syarat. Transportasi produk pangan memerlukan pengawasan yang baik karena kesalahan dalam transportasi dapat mengakibatkan kerusakan pangan serta penurunan mutu dan keamanan pangan.

Transportasi prosuk pangan dilakukan sedemikian rupa untuk menjaga agar:
  1. pangan terhindar dari sumber pencemaran
  2. pangan terlindung dari kerusakan yang dapat mengakibatkan pengan menjadi tidak layak untuk dikonsumsi
  3. mencegah pertumbuhan mikroorganisme patogen dan merusak dan produksi racun oleh mikroorganisme yang mengakibatkan pangan menjadi tidak aman untuk dikonsumsi.

Persyaratan transportasi meliputi persyaratan umum dan khusus. Pangan selalu dalam keadaan terlindung selama transportasi, jenis wadah dan alat transport yang digunakan tergantung dari jenis pangan dan kondisi yang dikehendaki selama transportasi.  Wadah dan alat transport sebaiknya disesain sedemikian rupa sehingga:

  1. tidak mencemari pangan
  2. mudah dibersihkan, dan jika perlu didesinfeksi
  3. memisahkan pangan dari bahan-bahan non pangan selama transportasi
  4. melindungi pangan dari  kontaminasi misalnya debu dan kotoran
  5. dapat mempertahankan suhu, kelembaban dan kondisi penyimpanan sehingga dapat melindungi pangan dari pertumbuhan mikroorganisme patogen dan perusak
  6. memudahkan pengecekan suhu, kelembaban dan kondisi lainnya

Pemeliharaan alat transportasi termasuk wadah dan kemasan untuk mengangkut dan kendaraannya meliputi :
  1. wadah dan alat transportasi  untuk pengan selalu dijaga dalam keadaan bersih, baik dan terawat
  2. jika wadah dan alat transport yang sama digunakan untuk mengangkut berbagai jenis pangan atau bahan non pangan, diantara periode pengangkutan hendaknya dilakukan pembersihan dan jika perlu didesinfeksi
  3. jika mungkin, pada pengangkutan dalam jumlah besar, wadah dan alat pengankut didesain dan dipergunakan hanya untuk pangan, tidak dicampur dengan bahan-bahan non pangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MELAKUKAN TRANSFORTASI UNTUK PANGAN"

Post a Comment