BEBERAPA MASALAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN

Adapun masalah-masalah dalam pelaksanaan pendidikan yaitu: 

a. Kewibawaan:pengakuan secara sukarel;a terhdap pengaruh yang datang dari orang lain. 

b. Tanggung jawab:yang dimksud tanggung jawab di sini adalah bertanggung jawab atas pendidikan anak 

c. Alat dan faktor.Keadaan yang ikut serta menntukan berhasilnya pendidikan disebut faktor pendidikan, sedangkan Alat pendidikan adalah langkah-langkah yang diambil demi kelancaran proses pelaksanaan pendidikan.Alat pendidkan ada dua: 


1. Alat preventif:alat yang bersifat pencegahan 

2. Alat represif/kuratif/korektif: bertujuan untuk menyadarkan kepada yang benar 

d. Hukuman dan ganjaran 

e. Motivasi belajar:kekuatan-kekuatan yang memberikan dorongan kepada kegiatan belajar murid 


A. Kewibawaan Dalam Pendidikan 

Yang dimaksud dengan kewibawaan dalam pendidikan disini ialah pengakuan dan penerimaan secara sukarela terhadap anjuran dan pengaruh yang datang dari orang lain. Jadi penerimaan dan pengakuan anjuran dari oramg lain itu diterima dengan sukarela atas dasar sadar keikhlasan, atas kepercayaan yang penuh, bukan didasarkan rasa terpaksa, rasa takut akan sesuatu, dan sebagainya. 



B. Tanggung Jawab Pendidikan 

Disini kita membicarakan siapakah yang bertanggung jawab pada hasil pendidikan. Yang bertanggung jwab pada hasil pendidikan adalah : 

Ø Pada pendidikan anak maka tanggung jawab sepenuhnya adalah di tangan pendidik 

Ø Pada pendidikan orang dewasa maka tanggung jawab sepenuhnya dipegang oleh si terdidik sendiri. Yang bertanggung jawab sepenuhnya atas pendidikan dirinya. 

Ø Pada perguruan tinggi yang menjadi obyek adalah mahasiswa – mahasiswa, yang merupakan orang – orang yang telah dewasa atau dianggap dewasa. 



C. Alat Dan Factor Pendidikan 

Faktor pendidikan adalah hal – hal yang ikut serta menentukan pada keberhasilan pendidikan. Sedangkan alat – alat pendidikan adalah langkah – langkah yang diambil dmi kelancaran proses pelaksanaan pendidikan. Faktor – faktor pendidikan berupa sebagai kondisi – kondis atau situasi – situasi. Sedangkan alat – alat pendidikan berupa bentuk – bentuknya. 

Termasuk faktor pendidikan anatara lain : keadaan gedung sekolah, keadaan perlengkapan sekolah,keadaaan alat – alat sekolah, keadaaan alat – alat pelajaran, dan fasilitas – fasilitas yang lain. 

Mengenai alat pendidikan dapat digolongkan menjadi dua ; 

Ø Alat pendidikan preventif, alat pendidikan yang berupa pencegahan: 

§ Tata tertib 

§ Anjuran dan perintah 

§ Larangan 

§ Paksaan 

§ disiplin 

Ø Alat pendidikan represif, disebut juga alat pendidikan kuratif atau korektif: 

§ Pemberitahuan 

§ Teguran 

§ Peringatan 

§ Hukuman 

§ ganjaran 



D. Hukuman Dan Ganjaran 

Hukuman adalah tindakan yang dijatuhkna kepada anak secara sadar dan sengaja sehingga menimbulkan nestapa.dan dengan adanya nestapa itu anak menjadi sadar akan perbuatannya dan berjanji dalam hatinya untuk tidak mengulanginya. 

Dalam hukuman terdapat dua macam prinsip mengadakan hukuman: 

Ø Hukuman diadakan karena pelanggaran 

Ø Hukuman diadakan dengan tujuan ag ar tidak terjadi pelanggaran 

Adapun dalam hukuman ini ada beberapateori: 

Ø Teori hukuman alam 

Ø Teori ganti rugi 

Ø Teori menakut – nakuti 

Ø Teori balas dendam 

Ø Teori memperbaiki 

E. Motivasi Belajar 

Motivasi belajar dapat dibedakan menjadi dua macam : 

Ø Motivasi intrinsik, ialah motivasi yang ada pada diri anak sendiri : 

§ Adanya kebutuhan 

§ Adanya pengetahuan tentang kemajuannya sendiri 

§ Adanya aspirasi atau cita - cita 

Ø Motivasi ekstrinsik, ialah motivasi yang datang dari luar anak didik : 

§ Ganjaran 

§ Hukuman 

§ Persaingan atau kompetisi 



PERSYARATAN PENDIDIK 

7.1 Persyaratan jasmani dan rohani untuk menjadi guru harus sehat jasmanai dan rohani 

7.2 Persyaratan pengetahuan pendidikan untuk menjadi guru profesional maka harus mempunyai wawasan dan IP yang luas. 

7.3 Persyaratan kepribadian seorang guru harus mempunyai kecerdasan, kecakapan, pengetahuan dan sikap, minat, tabi’at, keteladanan dan sebagainya. 

7.4 Persyaratan-persyaratan khusus, biasanya disesuaikan dengan pandangan dan falsafah hidup bagus sendiri-sendiri. 

7.5 Persyaratan menurut Ronggowarsito : 

1) Bangsaneng awiryo (berkebangsaan tinggi) 

2) Bangsaneng sajano (orang yang baik) 

3) Bangsaneng aguno (pandai) 

4) Hawicerito (kaya cerita) 

5) Nawung krido (mempunyai pandangan yang tinggi) 

6) Asih ing murid (cinta kepada anak didik) 

Sambegana (mempunyai daya ingat 
A. Persyaratan Jasmaniah Dan Kesehatan 

Guru adalah petugas lapangan dalam pendidikan. Oleh karena itu syarat pertama yang harus dipenuhi oleh seorang guru antara lain 

Ø Guru tidak boleh mempunyai cacat tubuh yang nyata. 

Ø Guru harus sehat jasmani (tidak sakit apapun) 

Ø Guru harus sehat jiwa 



B. Persyaratan Pengetahuanm Pendidikan 

Untuk menjadi seorang guru perlu adanya pendidikan khusus. Adapun pengetahuan – pengetahuan yang penting bagi seorang guru antara lain: 

Ø Pengetahuan tentang pendidikan 

Ø Pengetahuan psikologi 

Ø Pengetahuan tentang kurikulum 

Ø Pengetahuan tentang metode mengajar 

Ø Pengetahuan tentang dasar dan tujuan pendidikan 

Ø Pengaetahuan tentang moral, nilai – nilaidan norma – norma 



C. Persyaratan Kepribadian 

Kepribadian pada dasarnya adalah keseluruhan dari ciri – ciri dan tingkah laku dari seseorang. Dalam pembicaraan disini pengertian kepribadian lebih ditekankankepada kelakuan, tabiat, sikap dan minat. 

Kelakuan dan tabiat adalah sesuatu yang berhubungan dengan moral. Dalam kaitannya persyaratan seorang guru. Guru haruslah mempunyai kepribadian yang luhur. Sebab guru adalah sosok yang dijadikan panutan oleh anak didik. 





D. Persyaatan – Persyaratan Khusus 

Persyaratan ini antara lain : 

Ø Seorang guru harus berjiwa pancasila 

Ø Menurut uu no. 4 tahun 1950, babx pasal 15 bunyinya : “ syarat utama untuk menjadi guru, selain ijazah dan syarat – syarat mengenai kesehatan jasmani dan rohani, ialah sifat – sifat yang perlu untuk dapat memberikan pendidikan dan pengajaran seperti yang dimaksud dalam pasal 3, dan pasal 4, dan pasal 5 dari undang – undang ini.” 

§ Pasal 3 tentang tujuan pendidikan dan pengajaran 

§ Pasal 4 tentang dasar – dasar pendidikan dan pengajaran 

§ Pasal 5 tentang bahasa 



E. Persyaratan Menurut Ronggo Warsito 

Menurut rangga warsita oranmg yang pantas menjadi guru adalah 

Ø orang yang dari keturunan terhormat 

Ø orang yang taat beribadah 

Ø orang yang bermoral tinggi 

Ø dan lain sebagainya

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "BEBERAPA MASALAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN "

  1. @igbolapelangi
    @bolapelangi.co.id
    @slotbolapelangi
    @bopelnews

    Situs Baca Berita Online

    bopel.news

    ReplyDelete