KONSEP PENDIDIKAN
PENGERTIAN PENDIDIKAN
Pendidikan dalam arti mikro ( sempit ) merupakan proses interaksi antara pendidik dan peserta didik baik di keluarga, sekolah maupun di masyarakat. Sedangkan pendidikan dalam arti makro ( luas ) adalah proses interaksi antara manusia sebagai individu / pribadi dan lingkungan alam semesta, lingkungan sosial, masyarakat, sosial-ekonomi, sosial-politik dan sosial-budaya.
Pendidikan juga dapat diartikan sebagai :
a. Suatu proses pertumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungan
b. Suatu pengarahan dan bimbingan yang diberikan kepada anak dalam pertumbuhannya.
c. Suatu usaha sadar untuk menciptakan suatu keadaan atau situasi tertentu yang dikehendaki oleh masyarakat.
d. Suatu pembentukan kepribadian dan kemampuan anak menuju dewasa.
B. RUANG LINGKUP PENGERTIAN PENDIDIKAN
1. Pendidikan Informal
Pendidikan informal adalah pendidikan yang di peroleh seseorang dirumah dalam lingkungan keluarga, berlangsung tanpa organisasi, tanpa orang tertentu yang di angkat sebagai pendidik tanpa program yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu dan tanpa evaluasi formal berbentuk ujian.
Namun pendidikan Informal menentukan kepribadian anak, apakah anak akan menjadi anak yang bertanggung jawab,berbudi luhur, patuh akan peraturan, berpegang teguh pada janjinya atau sebaliknya.
2. Pendidikan Formal
Pendidikan Formal adalah pendididkan yang mempunyai bentuk atau organisasi tertentu, seperti di Sekolah atau Universitas. Ini terlihat adanya penjenjangan, adanya program pembelajaran, jangka waktu proses belajar dan bagaimana proses penerimaan murid dan lain-lain.
3. Pendidikan Non Formal.
Pendidikan Non Formal meliputi berbagai usaha khusus yang di selenggarakan secara terorganisasi agar terutama generasi muda dan juga orang dewasa,yang tidak dapat sepenuhnya atau sama sekali tidak berkrsempatan mengikuti pendidikan sekolah. Pendidikan Non Formal meliputi kegiatan pengetahuan praktis dan ketrampilan dasar yang di perlukan masyarakat.
Tabel Perbandingan antara Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Informal
Ditinjau dari
sudut
|
Pendidikan
Formal
|
Pendidikan
non-formal
|
Pendidikan
Informal
|
Tempat berlangsung
|
Gedung sekolah
|
Di luar dan dalam gedung sekolah
|
Dimana saja orang berada
|
Syarat untuk mengikuti
|
Usia dan tingkat pendidikan tertentu
|
Kadang-kadang, tak memegang peranan penting
|
Tidak ada
|
Jenjang Pendidikan
|
Ada jenjang yang ketat
|
Biasanya tidak ada
|
Tidak ada
|
Program
|
Ditentukan secara teliti untuk tiap jenjang secara tertulis
|
Ada program tertentu
|
Tidak ada
|
Bahan pelajaran
|
Akademis dan bersifat umum
|
Praktis dan khusus
|
Tidak ada yang ditentukan
|
Lama pendidikan
|
Waktu panjang
|
Relatif singkat
|
Sepanjang hidup
|
Penilaian
|
Ada ujian formal , dengan pemberian ijazah
|
Ada, biasanya diberi ijazah / keterangan
|
Tidak ada ujian / penilaian
|
Penyelenggara
|
Pemerintah / swasta
|
Pemerintah / swasta
|
Tidak ada badan tertentu
|
Metode mengajar
|
Menurut metodologi tertentu
|
Dapat mengikuti metode tertentu walau tak slalu
|
Tidak ada
|
Tenaga pengajar
|
Harus mempunyai wewenang berdasar ijazah dan diangkat untuk
tugas itu
|
Tidak slalu mempunyai ijazah sebagai pengajar
|
Tidak ada
|
Administrasi
|
Sistematis dan uniform untuk tingkat sekolah
|
Ada walau tidak begitu uniform
|
Tidak ada
|
Ditinjau dari sejarahnya
|
Paling akhir
|
Lebih tua daripada pendidikan formal
|
Sejak ada manusia ada di dunia ini
|
0 Response to "KONSEP PENDIDIKAN "
Post a Comment