KONSEP PENDIDIKAN


 PENGERTIAN PENDIDIKAN 
Pendidikan dalam arti mikro ( sempit ) merupakan proses interaksi antara pendidik dan peserta didik baik di keluarga, sekolah maupun di masyarakat. Sedangkan pendidikan dalam arti makro ( luas ) adalah proses interaksi antara manusia sebagai individu / pribadi dan lingkungan alam semesta, lingkungan sosial, masyarakat, sosial-ekonomi, sosial-politik dan sosial-budaya. 

Pendidikan juga dapat diartikan sebagai : 

a. Suatu proses pertumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungan 

b. Suatu pengarahan dan bimbingan yang diberikan kepada anak dalam pertumbuhannya. 

c. Suatu usaha sadar untuk menciptakan suatu keadaan atau situasi tertentu yang dikehendaki oleh masyarakat. 

d. Suatu pembentukan kepribadian dan kemampuan anak menuju dewasa. 


B. RUANG LINGKUP PENGERTIAN PENDIDIKAN 



1. Pendidikan Informal 

Pendidikan informal adalah pendidikan yang di peroleh seseorang dirumah dalam lingkungan keluarga, berlangsung tanpa organisasi, tanpa orang tertentu yang di angkat sebagai pendidik tanpa program yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu dan tanpa evaluasi formal berbentuk ujian. 

Namun pendidikan Informal menentukan kepribadian anak, apakah anak akan menjadi anak yang bertanggung jawab,berbudi luhur, patuh akan peraturan, berpegang teguh pada janjinya atau sebaliknya. 

2. Pendidikan Formal 

Pendidikan Formal adalah pendididkan yang mempunyai bentuk atau organisasi tertentu, seperti di Sekolah atau Universitas. Ini terlihat adanya penjenjangan, adanya program pembelajaran, jangka waktu proses belajar dan bagaimana proses penerimaan murid dan lain-lain. 

3. Pendidikan Non Formal. 

Pendidikan Non Formal meliputi berbagai usaha khusus yang di selenggarakan secara terorganisasi agar terutama generasi muda dan juga orang dewasa,yang tidak dapat sepenuhnya atau sama sekali tidak berkrsempatan mengikuti pendidikan sekolah. Pendidikan Non Formal meliputi kegiatan pengetahuan praktis dan ketrampilan dasar yang di perlukan masyarakat. 

Tabel Perbandingan antara Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Informal

Ditinjau dari sudut
Pendidikan Formal
Pendidikan
non-formal
Pendidikan
Informal
Tempat berlangsung
Gedung sekolah
Di luar dan dalam gedung sekolah
Dimana saja orang berada
Syarat untuk mengikuti
Usia dan tingkat pendidikan tertentu
Kadang-kadang, tak memegang peranan penting
Tidak ada
Jenjang Pendidikan
Ada jenjang yang ketat
Biasanya tidak ada
Tidak ada
Program
Ditentukan secara teliti untuk tiap jenjang secara tertulis
Ada program tertentu
Tidak ada
Bahan pelajaran
Akademis dan bersifat umum
Praktis dan khusus
Tidak ada yang ditentukan
Lama pendidikan
Waktu panjang
Relatif singkat
Sepanjang hidup
Penilaian
Ada ujian formal , dengan pemberian ijazah
Ada, biasanya diberi ijazah / keterangan
Tidak ada ujian / penilaian
Penyelenggara
Pemerintah / swasta
Pemerintah / swasta
Tidak ada badan tertentu
Metode mengajar
Menurut metodologi tertentu
Dapat mengikuti metode tertentu walau tak slalu
Tidak ada
Tenaga pengajar
Harus mempunyai wewenang berdasar ijazah dan diangkat untuk tugas itu
Tidak slalu mempunyai ijazah sebagai pengajar
Tidak ada
Administrasi
Sistematis dan uniform untuk tingkat sekolah
Ada walau tidak begitu uniform
Tidak ada
Ditinjau dari sejarahnya
Paling akhir
Lebih tua daripada pendidikan formal
Sejak ada manusia ada di dunia ini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KONSEP PENDIDIKAN "

Post a Comment