Kantor Depan Hotel (Front Office)

Fungsi kantor depan hotel
Peranan dan fungsi utama dari kantor depan hotel adalah menjual (dalam arti menyewakan)kamar kepada para tamu.Adapun sub-bagian yang terdapat dikantor depan hotel adalah:
-    Pelayanan pemesanan kamar (reservation service)
-    Pelayanan penanganan barang-barang tamu (porter tau bell captain,desk service)
-    Pelayanan informasi (information service)
-    Pelayanan Check-in dan Check-out tamu (reception atau front desk)
-    Kasir kantor depan hotel(Front Office Cashier)

Peranan kantor depan hotel
Fungsi utama kantor depan hotel  adalah menjual kamar kepada para tamu.disamping pesanan utamanya sebagai penjual,kantor depan hotel juga berperan sebagai administrator,pemegang buku(akuntan)dan sekaligus juga sebagai pelayan.
-    Peran sebagai penjual
-    Peran sebagai Administration
-    Peran sebagai Pemegang buku (bookkeeper)
-    Peran sebagai pelayan

Teknik menjual kamar
Bagian kantor depan hotel mempunyai fungsi menjual kamar hotel.Oleh sebab itu,petugas kantor depan hotel terutama bagian penerima tamu harus menguasai teknik-teknik didalam menjual.Dengan menguasai teknik menjual maka seorang petugas penerima tamu diharapkan seorang petugas penerima tamu harus mampu mempengaruhi tamu untuk membeli produk dengan harga yang mahal.Untuk menawarkan kamar kepada tamu haruslah dilakukan dengan prosedur yang baik,sopan dan ramah-tamah.
Sistem Pelaporan:
1.    Laporan Status kamar
Room report tersebut dipersiapkan oleh bagian kantor depan Hotel yang berisi tentang status setiap kamar berdasarkan room rack seperti kamar kosong,kamar isi(dilaporkan juga jumlah tamunya) dan kamar-kamar yang check-out.Laporan ni dibuat 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari,dibuat 3 rangkap masing-masing untuk bagian tata Graha,manajer kantor depan hotel dan arsip.
2.    Laporan Roomboy
Adalah juga merupakan laporan tentang status setiap kamar pada setiap lantai yang dibuat oleh Roomboy berdasarkan pada keadaan kamar yang sebenarnya.

3.    Laporan Tata Graha
Adalah laporan status kamar yang dibuat oleh Housekeeper dan merupakan rekapitulasi dari seluruh Floor/Roomboy report.
4.    Laporan perbedaan status kamar
Laporan kamar yang dibuat oleh bagian kantor depan hotel berdasarkan pada room rack(room report)
5.    Daftar tamu yang akan datang dan berangkat(expected arrival and departure list)


TATA GRAHA HOTEL
(Houskeeping)

Adalah salah satu bagian yang mempunyai peranan dan fungsi yang cukup vital dalam memberikan pelayanan kepada para tamu,terutama yang menyangkut pelayanan kenyamanan dan kebersihan ruangan hotel.Dalam melaksanakan tugas-tugas dibidang pelayanan kenyamanan dan kebersihan ruangan hotel.Tanggung jawab bagian tata graha dapat dikatakan mulai dari pengurusan tentang bahan-bahan yang terbuat dari kain seperti tablak meja(table cloth),sprei,sarung bantal,horden,menjaga kerapian dan kebersihan ruangan beserta perlengkapannya.

Struktur Organisasi bagian Tata Graha
a.    Executive Housekeeper adalah jabatan seseorang yang bertanggung jawab terhadap kelancaran operasional bagian Tata Graha.Executive Housekeeper selalu berusaha memanfaatkan  sumber-sumber yang tersedia untuk mencapai tujuan organisasi yang telah digariskan oleh manajemen.
b.    Bagian Kamar Tamu(Rooms Section) adalah bagian yang punya tanggung jawab untuk menjaga dan membersihkan,merapikan dan kelengkapan kamar-kamar tamu seperti (sabun mandi,handuk dan keperluan-keperluan lain).
c.    Bagian Ruangan Umum(Public Area Section) adalah bagian yang bertanggung jawab menjaga  dan memelihara kebersihan,kerapian,dan kelengkapan kebutuhan ruangan umum.
d.    Bagian Linen (Linen Section) adalah bagian yang bertanggung jawab atas penyimpanan,penyediaan,kelengkapan,kebersihan dan kerapian seluruh jenis-jenis linen yang diperlukan untuk keperluan operasional hotel.
e.    Bagian Binatu (Laundry) Mempunyai tanggung jawab melaksanankan  pemeliharaan seluruh jenis linen yang dipergunakan oleh operasional hotel.Pemeliharaan tersebut dilakukan dengan cara cucian,pengeringan,dan pelipatan sehingga siap untuk dipergunakan.

Jenis-jenis linen
Executive Housekeeper mempunyai tanggung jawab atas kelengkapan dan kebersihan jenis-jenis linen  yang digunakan oleh hotel yaitu,linen yang digunakan dikamar tidur,kamar mandi dan restauran.
Adapun jenis-jenis linen tersebut adalah:
Linen kamar tidur (bed linen) terdiri dari:
-    Sprei (Sheet)
-    Sarung bantal (Pillow case)
-    Selimut(Blanket)
-    Bed Cover (Penutup tempat tidur)
-    Tilam Kasur (mattress pad)
-    Linen kamar mandi
-    Handuk mandi(bath towel)
-    Handuk Tangan (Hand towel)
-    Handuk Muka (Face towel)
-    Alas kaki/keset (bath mat)
Linen Restoran
-    Tablak meja(table cloth)
-    Guest napkin
-    Tray cloth
-    Service napkin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kantor Depan Hotel (Front Office)"

Post a Comment