Sejarah Singkat Berdirinya Candi Borobudur

1. Waktu didirikan 



Sampai sekarang belum pernah ditemukan sumber-sumber 

tertulis yang menyebutkan bilamana, bagaimana dan berapa lama candi 

Borobudur itu di bangun, sehingga secara pasti tidak dapat ditentukan 

usianya. Beberapa bukti telah ditemukan oleh para ahli untuk menentukan 

usia dari pada bangunan Borobudur itu. Pada bagian kaki Borobudur yang 

tertutup terdapat tulisan tulisan singkat berbahasa sangsekerta dengan huruf 

kawi. Dengan membandingkan bentuk huruf –huruf tersebut dengan 

prasasti- prasasti bertarikh yang terdapat di Indonesia, maka sementara 

berpendapat, bahwa Borobudur dibangun sekitar tahun 800M. pada abab itu 

di jawa tengah berkuasa raja-raja dari wangsa sailendra, yang menganut 

agama Budha Mahayana. 



2. Keruntuhan dan Penemuan Kembali 



Setelah selesai di bangun selama 500 tahun, Borobudur merupakan pusat ziarah megah bagi penganut budha. Tetapi dengan runtuhnya mataram sekitar tahun 930M, pusat kekuasaan dan kebudayaan pindah ke Jawa Timur dan Borobudurpun hilang terlupakan, karena gempa dan gunung letusan merapi candi itu melesak mempercepat keruntuhannya. Sedangkan semak belukar tropis tumbuh menutupi Borobudur dan pada abab-abab selanjutnya lenyap di telan sejarah. 


Baru pada abab ke-XVIII M menurut tradisi dalam tanah jawa terdapat beberapa singkat tentang larinya Mas Dana yang memberontak melawan pakubuwanan 1 (1709-1710) dan kemudian ditangkap di Borobudur lima puluh tahun kemudian 1757-1758 seorang pangeran yogyakarta mengunjungi Borobudur untuk melihat seribu arca 

Baru pada tahun 1814 perhatian orang mulai tertuju lagi ke Borobudur. Sir Thomas Stamford Raffles, gubenur jendral yang memerintah tanah jajahan inggris di jawa (1811-1815), sewaktu berkunjung ke semarang mendapat berita, bahwa di desa Borobudur ada sebuah purbakala yang terpendam di dalam tanah. Raffles segera mengirimkan seorang perwira genie, H.C. Cornelius, ke Borobudur untuk mengadakan penyelidikan terhadap kebenaran tersebut. Tiba disana Cornelius meliahat sebuah bukit yang di tumbuhi Pohon–pohon dan semak belukar. 

Tampak diatas bukit itu candi berserakan. Dengan bantuan penduduk desa, ia segera melakukan pembersihan dengan menebangi pohon-pohon, membakar semak belukar dan menyingkirkan tanah diatas bukit itu.pekerjaaan itu mamakan waktu cukup lama hingga dalam tahun 1835 atas usaha Residen Kedu. Candinya dapat di tampakkan seluruhnya menjulang di atas puncak bukit. 

Sangat di sayangkan bahwa kurangnya pengertian dari para pejabat pemerintah pada waktu itu tidak sedikit batu-batu candinya yang hilang karena perbuatan tangan manusia. tidak kuarang dari delapan cikar penuh dengan arca-araca dan batu-batu berukiran dari bangunan Borobudur telah diangkut sebagai hadiah atas kunjungan Raja Chulalangkon di Indonesia dalam tahun 1896. Residen kedu yang di tugaskan untuk memberiakan itu rupa-rupanya ingin menujukan jasa baiknya terhadap raja Siam, antara lain lima Dhyani-Budha, tiga diantaranya diambilkan dari tempat-tempat aslinya direlung-relung, dua araea singa, satu di antaranya adalah satu-satunya arca singa yang tidak ada cacatnya, sebuah pancuran makara, kepala-kepala dari sayap-sayap tangga, kepala-kepala kala penghias relung-relung dan gapura-gapura dan masih banyak lagi lainya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Singkat Berdirinya Candi Borobudur "

Post a Comment