Perlunya Mengenali dan Memanfaatkan Potensi Diri Sendiri

Oleh: Rhenald Kasali

Anda tentu masih ingat tentang etische politiek yang pernah dilaksanakan Pemerintah Hindia Belanda di tanah air. Melalui politik etis itu, kaum bumi putera diberi hak untuk mengenyam pendidikan. Tujuannya, agar mereka sedikit pandai, dan setelah itu bisa dipekerjakan oleh pemerintah penjajah dengan gaji murah. Mereka mau digaji murah karena iming-iming peningkatan status, yakni menjadi ambtenaar alias pejabat. 

Diakui atau tidak, sisa-sisa kebijakan itu masih ada dalam benak sebagian besar masyarakat kita sampai sekarang. Begitu seseorang lulus sarjana, yang segera muncul di benaknya adalah bagaimana mencari kerja. Masih amat sedikit sarjana kita yang berani mengambil jalan lain, memulai usaha dan memberikan peluang kerja kepada orang lain. 

Masyarakat pun pada umumnya juga lebih menghormati orang yang memiliki pekerjaan tetap ketimbang orang yang berani banting tulang memulai bisnis. Mereka bahkan kerap dicibir, “Buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau akhirnya cuma jadi pedagang.” Tapi jika melihat kenyataan yang ada, pandangan semacam itu nantinya pasti akan terkikis. Masyarakat pasti akan melihat kenyataan bahwa banyak orang-orang yang “lari dari ilmu sekolahan” ternyata bisa meraih kesuksesan yang lebih tinggi. 

Pak Indra Patria, MBA, pemilik CV Cahaya Patria yang bergerak dalam peternakan ayam arab merupakan salah satu contoh dari mereka yang berani loncat pagar ini. Sebagai seorang MBA jebolan University of San Diego, Indra tentu saja punya peluang besar untuk menjadi ambtenaar di perusahaan besar. 

Tapi, Indra ternyata memilih jalur lain. Setelah dua tahun bekerja di sebuah perusahaan yang cukup besar dan sebenarnya menjanjikan masa depan yang cukup bagus, dia memilih keluar menjadi peternak ayam arab. Alasannya sederhana, sedari kecil dia memang suka beternak. Pilihannya pada ayam arab muncul setelah dia mempelajari bahwa pasokan telur ayam bukan ras (biasa dikenal dengan istilah ayam buras) sangat kecil. 

Dengan ilmu yang dimilikinya, mulailah dia melakukan analisa. Sedikitnya pasok telur ayam buras itu terjadi lantaran satu hal: tak ada orang yang melakukan peternakan ayam buras dalam skala besar. Hal itu pula yang membuat harga telur ayam buras bisa tiga kali lebih mahal dibanding telur ayam ras. 

Indra terbukti sukses. Kita tentu tidak sedang mengkalkulasi untung rugi “yang dibukukan” Indra dengan keluar dari pekerjaan dan mulai berbisnis. Yang ingin saya tekankan adalah bahwa setiap orang sebenarnya selalu punya kemampuan yang ada dalam dirinya. Selama dia mengenali dan mengembangkan potensi itu, harapan untuk menoreh sukses akan selalu terbuka. 

Begitulah kesimpulan dari buku The DNA of Success. Di dalam buku ini dikatakan, mula-mula seseorang itu punya gap antara who we are dan what we do. Maka kita harus mencari DNA, alias bakat asli, yang bergerak begitu kuat di dalam diri kita. Untuk mengembangkan apa yang sudah kita miliki, ada beberapa forces (dorongan-dorongan) yang harus kita kembangkan di dalam diri kita. 

Pertama, yang disebut forces of the heart, dorongan dari dalam hati kita sendiri. Yang kedua adalah forces of the mind, kemampuan kita untuk menggunakan ilmu kita. Ketiga adalah forces of the will, yang mendorong kita untuk selalu berkomitmen dan berdedikasi. Yang terakhir adalah forces of the resources, yakni bagaimana Anda mengembangkan sumberdaya yang sudah ada. Jadi, marilah kita memfokuskan pada DNA yang ada dalam diri kita. Manfaatkan apa yang telah diberikan oleh Tuhan, jangan mencari-cari apa yang tak kita punya.*** 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perlunya Mengenali dan Memanfaatkan Potensi Diri Sendiri"

Post a Comment