PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS
Berikut adalah beberapa pengertian komunikasi bisnis yang
diambil dari beberapa sumber :
·
Komunikasi
bisnis adalah setiap
komunikasi yang digunakan untuk membangun partnerships,
sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk;
servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi
bisnis yang dijalankan. Komunikasi Bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh
dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut. Komunikasi yang internal
termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), strategi, rencana-rencana,
kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat di
perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll. Komunikasi eksternal
termasuk merek, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan
media, negosiasi-negosiasi bisnis, dll. Bagaimanapun bentuknya, semua hal
tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).
·
Komunikasi
bisnis adalah komunikasi yang
digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi
baik komunikasi verbal maupun nonverbal.
·
Komunikasi
bisnis adalah proses
pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk
kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi
bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah
Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan
suatu perbuatan atau kegiatan.
·
Komunikasi
bisnis adalah proses
pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk
kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi
bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah
Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau
melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
Komunikasi bisnis berbeda dengan komunikasi antar pribadi maupun komunikasi lintas budaya. Komunikasi antar pribadi ( interpersonal communications ) merupakan bentuk komunikasi yang lazim dijumpai dalam kehidupan sehari-hariantara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan komunikasi lintas budaya ( intercultural / communication ) merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau lebih, yang masing – masing memiliki budaya yang berbeda.
UNSUR-UNSUR DALAM BERKOMUNIKASI
Komunikasi meliputi 5 unsur, kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H,
yakni :
1. Komunikator = who [communicator, source, sender]
2. Pesan = says what [message]
3. Media = in which channel [channel, media]
4. Komunikan = to whom [communicant, communicatee,
reciever, recipient]
5. Efek [effect, impact, influence]
Hal yang
pertama dilakukan adalah memahami bentuk dasar komunikasi. Karena seorang komunikator yang
baik harus memiliki beberapa alat komunikasi yang menunjang dalam menyampaikan
suatu pesan. Seperti bagaimana cara menempatkan kata dalam suatu komunikasi
sehingga memiliki arti dan bisa menarik minat dan simpati dari para pendengarnya
dan mengajak peserta untuk ikut aktif dalam berkomunikasi seperti dalam kegiatan
diskusi.
TEKNIK
KOMUNIKASI
1. Komunikasi informatif [informative
communication]
2. Komunikasi persuasif [persuasive
communication]
3. Komunikasi instruktif/
koersif [instructive/ coersive
communication]
4. Hubungan manusiawi [human relation]
TUJUAN KOMUNIKASI
1. Perubahan sikap [attitude change]
2. Perubahan pendapat [opinion change]
3. Perubahan perilaku [behaviour
change]
4. Perubahan sosial [social change]
BENTUK KOMUNIKASI
Pada dasarnya ada dua bentuk
komunikasi yang umum digunakan dalam dunia bisnis, yaitu, komunikasi verbal dan
komunikasi nonverbal.
1.
Komunikasi verbal
Komunikasi verbal (verbal communication) merupakan salah
satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan (written) dan lisan (oral). Contohnya adalah membaca majalah, mambaca surat kabar,
mempresentasikan makalah dalam suatu acara seminar dan lain-lain.
Sedangkan komunikasi verbal
memilki tipe yang dibedakan menjadi dua yaitu, berdasarkan aktif atau pasifnya
peserta komunikasi dalam proses komunikasi. Dimana komunikasi verbal dapat
bertindak sebagai komunikator atau pengirim pesan dan dapat bertindak sebagai audience
Adapun dalam berkomunikasi
secara verbal, dibutuhkan pengungkapan kata-kata yang disusun dalam suatu pola
yang berarti, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan, seperti :
·
Berbicara
dan Menulis
Suatu pesan yang sangat penting
dan kompleks, sebaiknya disampaikan dengan menggunakan tulisan, seperti surat,
memo dan laporan
·
Mendengarkan
dan Membaca
Untuk mencapai komunikasi yang
efektif, maka diperlukan komunikasi dua arah, dimana orang-orang yang terlibat
di dalamnya memerlukan ketrampilan mendengar (listening) dan membaca (reading).
2.
Komunikasi
Nonverbal
Komunikasi nonverbal merupakan
bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis. Walaupun pada
umumnya komunikasi nonverbal memiliki sifat kurang terstruktur sehingga sulit
untuk dipelajari, seperti memahami
dalam penggunaan bahasa isyarat, ekspresi wajah, gerakan tubuh, sandi,
simbol-simbol, warna dan intonasi suara. Dalam
penyampaiannya, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal memilki arti yang
berbeda-beda, seperti dalam komunikasi nonverbal. pesan yang disampaikan
biasanya dilakukan secara spontan tanpa memiliki rencana dan dilakukan secara
tidak sadar dan bersifat alami
Adapun Komunikasi Nonverbal memilki beberapa tujuan , yaitu:
·
Menyediakan dan
memberikan informasi
·
Mangatur alur suatu
percakapan
·
Mengekspresikan
emosi
·
Memberi sifat dan melengkapi, menentang atau
mengembangkan pesan-pesan verbal
·
Mengendalikan atau
mempengaruhi orang lain
·
Mempermudah tugas-tugas khusus, misalnya dalam
memberikan pengajaran pada saat kuliah
Kadang dalam prakteknya, di dalam suatu komunikasi
bisnis terjadi penggabungan antar komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal
dalam suatu situasi. Karena biasanya kata-kata yang disampaikan dalam suatu
komunikasi atau percakapan kadang hanya membawa sebagian dari pesan.
Dan relevansinya dalam
komunikasi bisnis, tipe komunikasi nonverbal dapat menentukan kredibilitas dan
kepemimpinan seseorang, yang dapat dilihat dari karateristik suara, penampilan,
sentuhan, gerakan dan posisi tubuh juga melalui ekspresi wajah dan mata.
0 Response to "PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS"
Post a Comment