Latest Updates

Konsep Dasar Ilmu Politik

Deskripsi ringkas: 

Mempelajari konsep-konsep dasar ilmu komunikasi, pengaruh komunikasi terhadap sistem politik, teknik propaganda, pembentukan public opinion, bahasa politik, penggunaan media, penciptaan imej dan persepsi politik publik. Di samping itu, mata kuliah ini berhasrat untuk mengajak para mahasiswa menguji berbagai dimensi komunikasi politik, yang umumnya berada disekitar wacana kepresidenan Indonesia, atau pada level lokal, tentang Pilkada langsung yang mempengaruhi dan menyita perhatian masyarakat. 



Salah satu tujuan mata kuliah ini adalah untuk menentukan bagaimana dahsyat dan berpengaruhnya wacana politik dalam kehidupan kita sehari-hari. Pada akhirnya, kita akan menilai berbagai tipe pesan, baik yang konvensional (seperti liputan berita, iklan kampanye, pidato-pidato, dlsb) maupun yang non-konvensional (seperti film, kartun, dll), sehingga kita dapat memahami bagaimana retorika digunakan dalam forum terbuka untuk membangun pesan dan citra yang mendorong perubahan dalam arena politik maupun budaya. 



Selain itu, kuliah ini mengajak mahasiswa untuk mempertajam skill mereka sebagai peminat politik dengan memberi mereka peluang untuk secara kritis menganalisis berbagai bentuk wacana politik. Juga memungkinkan mahasiswa untuk menilai secara kritis bagaimana peranan media massa dalam sistem politik demokrasi kontemporer, bahkan dalam era digital dan dukungan komunikasi informasi melalui internet, bagaimana sistem demokrasi dapat berkembang secara sehat dan kemana arah perkembangan tersebut. 



Karena itu, untuk memahami sifat komunikasi politik dipengaruhi oleh baik pengalaman teoritis maupun praktek. Komponen praktek dapat diperoleh melalui kegiatan audio-visual, latihan di kelas, dan atau melalui kegiatan riset. Kelas ini akan mencoba menggunakan latihan di kelas atau riset media dengan metode analisis isi (content analysis). 







Tujuan Instruksional Umum: 

Setelah mengikuti mata kuliah ini selama satu semester dengan bobot 3 SKS, diharapkan mahasiswa dapat: 
memahami kerangka teoritik komunikasi politik dalam arena politik aktual. 
menilai komunikasi politik yang efektif bagi pembentukan kesadaran publik terhadap nilai-nilai politik. 
menerapkan komunikasi politik secara tepat dalam setiap situasi yang sesuai bagi kepentingan profesi masing-masing agar misi dan tujuan yang ingin dicapai dapat didukung oleh khalayak ramai (publik). 



Mata kuliah ini merupakan kelompok Keahlian untuk program studi Ilmu Pemerintahan, yang akan membahas berbagai konsep teoritik ilmu komunikasi, komunikasi politik, penciptaan imej dan persepsi, penggunaan saluran atau media komunikasi, karakteristik khalayak (publik), situasi komunikasi politik, pemanfaatan komunikasi politik dalam propaganda, kampanye, agitasi dan lain sebagainya, serta pembentukan opini publik. 



Format penilaian hasil akhir belajar. 

Hasil akhir belajar mahasiswa akan dinilai berdasarkan 4 komponen yang harus terpenuhi sampai 100 %, terdiri dari: 

a. Tutorial / Diskusi Kelas 15% 

b. Ulasan kliping koran 15% 

c. Ujian Tengah Semester (UTS) 35% 

d. Ujian Akhir Semester (UAS) 35% 



Tutorial diselenggarakan dalam bentuk tanya jawab di kelas pada saat-saat tertentu di akhir penyampaian materi, untuk ini mahasiswa diharapkan memenuhi kehadiran di kelas sekurang-kurangnya 75 %. 



Ulasan kliping koran merupakan tugas mandiri yang harus dikerjakan oleh mahasiswa setelah pertengahan semester perkuliahan berlangsung, di mana mahasiswa diminta mencari satu tajuk di koran yang berkaitan dengan Komunikasi Politik, kemudian membuat ulasannya paling sedikit dalam 2000 perkataan diketik rapi pada kertas ukuran kuarto. Ulasan yang baik harus terdiri atas: 

Pendahuluan, yang menguraikan secara singkat tajuk yang dibahas. 

Isi, yang menguraikan pandangan, sikap dan penilaian pribadi mahasiswa tentang isi tulisan atau berita dalam potongan koran tersebut. 

Penutup, membuat kesimpulan terhadap ulasan pribadi. 



UTS dan UAS akan diselenggarakan sesuai dengan jadwal yang akan ditentukan kemudian, dalam bentuk format essei menyangkut seluruh materi perkuliahan yang telah diberikan. Jawaban yang mendapat penilaian harus menyentuh kata-kata kunci yang diharapkan sesuai dengan soal yang akan diberikan nantinya. 



I.5. Referensi dan Bacaan Anjuran. 



Almond, Gabriel A, and Powell, G Bingham,. 1972. Comparative Politics: A Developmental Approach. New Delhi, Bombay, Calcutta & New York: Amerind Publishing. Co. Pvt. Ltd. 

Anwar Arifin, Prof.Dr. 2003. Komunikasi Politik: Paradigma-Teori-Aplikasi-Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka. 

Nimmo, Dan. 1999. Komunikasi Politik: Komuniktor, Pesan, dan Media. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. 

Nimmo, Dan. 2000. Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. 

Jackson and Pye, Karl D. and Lucian W. (Ed.).1978 . Political Power and Communications in Indonesia.. Berkeley: University of California Press.

0 Response to "Konsep Dasar Ilmu Politik"

Post a Comment