Bentuk Hukum Perusahaan :



·         Perusahaan Perseorangan
·         Persekutuan à Persekutuan Umum dan persekutuan komanditer
·         Perseroan terbatas

Sepuluh Aksioma sebagai dasar Manajemen Keuangan :
1.      Risk-Return Trade-Off :
Jangan menambah risiko kecuali mendapatkan kompensasi pendapatan yang sesuai. Semakin tinggi expected return, semakin tinggi risiko dalam alternative investasi tersebut.
2.      Time Value of Money
3.      Cash - not profit - is King
Dalam menghitung kesejahteraan, kita menggunakan cahs flow dan bukan accounting profit. Hal ini disebabkan arus kas lah yang secara riil diterima dan dapat diinvestasikan kembali oleh perusahaan.
4.      Incremental Cash Flow
Dalam mengambil keputusan, selain menggunakan arus kas sebagai alat ukur (Aksioma 3), kita hanya menggunakan arus kas yang bersifat incremental saja, yaitu perbedaan arus kas yang akan diterima perusahaan antara 2 keputusan, jika perusahaan mengambil atau tidak mengambil keputusan itu.
5.      The Curse of Competitive Market
Oleh karena pasar sangat kompetitive, sangat sulit menemukan proyek dengan keuntungan yang luar biasa. Jika perusahaan menghasilkan banyak laba, maka banyak pendatang baru yang akan berusaha masuk dalam industri tersebut. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu kita harus menginvestasikan dana ke padar yang kurang kompetitif, yaitu dengan cara product differentiation dan cost advantage.,
6.      Efficient Capital Market, adalah pasar dengan nilai semua asset dan surat berharga mencerminkan semua informasi yang ada, yang sangat tergantung pada seberapa cepat suatu informasi tercermin pada harga surat berharga. Dengan efficient market hypothesis, informasi akan tercermin pada surat berharga secara cepat sehingga tidak ada kesempatan bagi investor untuk memperoleh keuntungan besar. Implikasinya adalah harga sudah benar dan manipulasi pendapatan melalui perubahan akuntansi tidak akan mengubah harga saham.
7.      The Agency Problem
Timbul akibat pemisahan tugas antara mnajemen dan pemegang saham dimana manajer mungkin membuat membuat keputusan yang tidak sesuai dengan tujuan perusahaan, yaitu memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham. Agency Problem dapat dikurangi dengan audit serta paket kompensasi.


8.      Taxes Biases Business Decisions
Dalam melakukan keputusan investasi, kita harus memasukkan unsur pajak. Perpajakan juga mempunyai peranan dalam penentuan struktur modal.
9.      All Risk is Not Equal
Harus disadari bahwa terdapat risiko yang dapat dieliminasi dan risiko yang tidak dapat dihilangkan.
10.  Ethical Behavior is doing the right thing, and ethical dilemmas are everywhere in finance
Etika sangat penting karena perilaku yang tidak etis akan menghilangkan kepercayaan dan tanpa rasa percaya bisnis tidak akana berjalan dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bentuk Hukum Perusahaan :"

Post a Comment