ASAL MULA DAN PERKEMBANGAN SOSIOLOGI POLITIK

Asal mula suatu disiplin ilmu, subyek atau bidang studi sering tidak jelas dan menonjolkan individu tertentu sebagai bapak pendiri dari suatu bentuk ilmu pengetahuan merupakan proses yang sangat berabahaya. 

Sumbangan Marx sangat besar dan bervariasi dan dengan sendirinya tidak hanya terbatas pada sosiologi politik saja. Banyak kupasan kecaman dipersamakan atau diperbandingkan dengan teori-teori Marx, beberapa diantaranya didasarkan pada validitas umum, sedang yang lain pada nilai-nilai prediktifnya. Demikian pula kegagalan dari sejumlah ramalannya terutama kegagalan mengantisipasi kemampuan adaptif dari sistem kapitalisme.menyebabkan teori Marx diragukan orang. 

PENDEKATAN DAN METODE 



Dalam menggunakan istilah pendekatan yang dimaksudkan adalah orientasi khusus atau titik pandang tertentu. Pendekatan lainnya mencakup penggunaan dari data-data komparatif dengan studi-studi mengenai gejala-gejala politik dari suatu masyarakat tertentu digunakan atau dipelajari untk menyoroti fenomena yang sama atau fenomena yang kontras dari masyarakat lain. Nilai kedua pendekatan tersebut tidak dipertanyakan seperti biasanya, namun orientasi lainnya jelas jadi sasaran banyak kecaman. Kontras dengan pendekatan institusional, pendekatan behavioral berusaha keras untuk menyingkirkan hal-hal yang dianggap keliru yang terdapat pada pendekatan-pendekatan lainnya. Pengamatan khusus sedemikian tadi bisa lebih baik diterapkan pada metode-metode yang dilakukan pada studi sosiologi politik. 

Akhirnya banyak pula diusahakan penggunaan teori-teori dan model kedua-duanya diperlukan untuk memperoleh garis-garis pedoman bagi penelitian dan untuk menyajikan penjelasan-penjelasan mengenai gejala yang tengah dipelajari. Salah satu tipe yang menarik dari perhatian bagi sosiolog politik adalah apa yang telah kita kenal sebagai teori system yang memberikan argumentsi bshwa semua gejala sosial merupakan bagian dari pola tingkah laku konsisten internal dan reguler dan dapat dilihat serta dibedakan. 



SKEMA KONSEPSUAL 



Skema konsepsi politik kita landaskan pada empat konsep, yaitu sosialisasi politik, partisipasi politik, penerimaan / pengrekrutan politik dan komunikasi politik. Sosilalisasi politik adalah proses pengaruh seorang individu bisa mengenali sistem politik, yang kemudian menentukan sifat persepsi mengenai poitik serta reaksinya terhadap gejala politik. Partisipasi politik adalah keterlibatan individu sampai pada bermacam-macam tingkatan di dalam sistem politik. Pengrekrutan politik adalah proses proses dimana individu menjamin atau mendaftarkan diri untuk menduduki suatu jabatan. Komunikasi politik adalah proses dimana informasi politik yang relevan diteruskan dari satu bagian sistem politik kepada bagian lainnya. Dengan sengaja dan hati-hati kita telah mengkonsentrasikan diri pada proses-proses politik, yaitu dengan memformulasikan keempat konsep tadi, namun tidak bermaksud untuk mengeluarkan institusi-institusi politik dan sosialnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ASAL MULA DAN PERKEMBANGAN SOSIOLOGI POLITIK "

Post a Comment