Cara Membuat Latar Belakang Masalah

Tujuan utama penelitian tindakan kelas (PTK) adalah untuk memecahkanpermasalahan pembelajaran. Oleh karena itu, dalam bab pendahuluan yang intinyamemaparkan alasan atau latar belakang masalah, harus memuat hal-hal berikut ini :1. Masalah yang diteliti merupakan masalah yang aktual yang terjadi dikelas/sekolah, diperoleh dari pengamatan dan kajian (diagnosis) yang dilakukanoleh guru.2. Masalah yang akan diteliti merupakan masalah penting dan mendesak untuk dipecahkan dan dapat dilaksanakan dilihat dari kesediaan waktu, biaya, dan dayadukung lainnya yang dapat memperlancar penelitian tersebut.3. Identifikasi masalah penelitian disertai data pendukung, baik yang berasal daripengamatan guru selama mengajar maupun dari kajian pustaka. 

Dukunganberupa hasil-hasil penelitian terdahulu, akan lebih mengokohkan argumentasimengenai urgensi serta signifikansi permasalahan yang akan ditangani melaluiPTK yang diusulkan.4. Analisis masalah untuk menentukan akar penyebab masalahnya.5. Mencantumkan alternatif tindakan pemecahan masalah disertai argumentasilogis terhadap pilihan tindakan (mis. Kesesuaian dengan masalah, kemutakhiran,keberhasilan dalam penelitian sejenis, dll.).6. Kolaborasi antar anggota peneliti harus digambarkan secara jelasKelemahan-kelemahan dalam menyusun latar belakang masalah dan rumusanmasalah, adalah sebagai berikut :1. Permasalahan tidak diambil dari permasalahan nyata di kelas2. Tidak menyertakan data pendukung3. Potensi untuk perbaikan pembelajaran/tindakan yang akan dilakukan belumtampak 4. Masalah terlalu luas (rumusan tidak focus)5. Latar belakang masalah tidak menggambarkan alasan pemilihan alternatif pemecahan masalah 


 Rumusan masalah tidak mencerminkan adanya tindakan dan gambaranperubahan tingkah lakuKelemahan-kelemahan di atas menyebabkan analisis permasalahan menjadi tidak tajam. 


Daftar Pustaka 
Furchan, A. (2004). 
Pengantar Penelitian dalam Pendidikan 
. Yogyakarta: PustakaPelajar.Siti Sriyati, dkk. (2007). Penerapan Pertanyaan Produktif dalam PembelajaranBiologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah dan PemahamanKonsep Siswa di SMA. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : DIKTISukardi. (2003). 
Metodologi Penelitian Pendidikan 
. Jakarta : Bumi Aksara.Tim Pelatih Proyek PGSM. (1999). 
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) 
. Jakarta : Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Guru SekolahMenengah.Tim PTK. (2006). 
Pelatihan Metodologi PPKP dan PTK 
. Jakarta:DirektoratKetenagaan Dirjen Dikti Depdiknas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Latar Belakang Masalah"

Post a Comment