Istilah-Istilah dalam Internet


• World Wide Web (WWW) 


WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung satu sama lain dalam jaringan Internet. Informasi dalam Web mempunyai link yang menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lain dalam jaringan Internet. Link ini berupa tanda khusus yang biasanya dinyatakan dengan teks berwarna biru dan bertanda garis bawah/ dalam bentuk icon maupun gambar yang dikelilingi kotak. 

Untuk mengetahui apakah suatu teks/ obyek merupakan suatu link, lihatlah perubahan pada petunjuk mouse. Jika petunjuk mouse berubah dari bentuk tanda panah menjadi gambar tangan yang sedang menunjuk, berarti teks/ obyek tersebut merupakan suatu link yang menghubungkan pengguna ke informasi lain dalam WWW. Sistem yang dapat menghubungkan informasi melalui link disebut Hypertext. Dengan semakin berkembangnya WWW, istilah Hypertext kemudian berubah menjadi Hypermedia, di mana link penghubung antar informasi bukan lagi berupa suatu teks, tetapi bisa berupa suatu file multimedia, seperti gambar, suara/ video. Bekerja dengan Web mencakup bekerja dengan software Web Browser dan software Web Server. Keduanya bekerja seperti sistem client server dengan tugas Web Browser sebagai client untuk menginterpretasikan dan melihat informasi Web, dan Web Server sebagai server untuk menerima informasi yang diminta oleh browser. Untuk mengakses Web, diperlukan suatu program yang disebut Web Browser. 

• Browser 

WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini seseorang bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/ Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, dan Lynx Browser adalah suatu program yang dirancang untuk mengambil informasi dari suatu server komputer pada jaringan Internet. Informasi ini dikemas dalam page yang masing- masing memiliki beberapa link yang menghubungkan Web page ke sumber informasi lain. Jika suatu link diklik, browser akan melihat alamat dari tujuan link tersebut, kemudian mencari di Web server. Jika menemukan alamat dari tujuan link, browser akan menampilkan informasi yang ada. Jika tak menemukan alamat dari tujuan link, browser akan memberikan suatu pesan yang menyatakan bahwa alamat dari tujuan link tidak dapat ditemukan. 

Ketika belum banyak komputer yang menggunakan program Windows, browser dibuat dengan berbasiskan teks, sedangkan untuk menyatakan link dapat dibuat barisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Software ini dibuat untuk komputer yang menggunakan 

Unix. Setelah itu muncul browser Mosaic dari NCSA (National Center Supercomputing Applications) yang berbasiskan grafik dan mudah digunakan. Browser ini dipakai untuk komputer UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh. 

Sekitar tahun 1994, muncullah Netscape versi pertama menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser. Sampai saat ini Netscape masih merupakan browser yang paling banyak digunakan untuk melakukan navigasi di Web. Kemudian salah satu perguruan tinggi terkenal di AS, yaitu MIT, membangun standar bagi teknologi Web yang disebut World Wide Web Consortium (W3C). Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh Microsoft adalah Internet Explorer 3.0 yang mendukung HTML 3.2. 





• HTTP (Hypertext Transfer Protocol) 



HTTP merupakan protokol yang menentukan Web browser dalam meminta/ mengambil suatu dokumen, dan menentukan Web server dalam menyediakan dokumen yang diminta oleh Web browser. Ini adalah protokol standar yang dipakai untuk mengakses dokumen HTML. HTTP digunakan untuk menjelajahi Web yang berhubungan dengan banyak protokol lain. 


• URL (Uniform Resource Locator) 



URL adalah suatu alamat yang dipakai untuk menentukan lokasi informasi pada Web server, karena alamat ini mengambil informasi yang diminta oleh browser. Format umum dari suatu URL adalah: protokol_transfer://nama_host/path/nama_file Contoh: http://www.macromedia.com/shockzone/info/security.html





• DNS (Domain Name System) 



Untuk mempermudah pengelolaan Web server dan Web browser pada komputer di Internet, komputer di Internet menggunakan suatu format penamaan yang disebut Domain Name System (DNS). DNS membagi domain menjadi beberapa tingkat yang 









merupakan kelompok komputer yang terhubung ke Internet. Nama domain beserta jenis organisasinya, antara lain: 

Tabel 2.1 Nama Domain beserta kegunaannya 




Domain 

Kegunaan 


com 

untuk komersial 


edu 

untuk pendidikan 


net 

untuk provider Internet 


id 

untuk negara Indonesia 


gov 

untuk Lembaga Pemerintahan 


int 

untuk Organisasi Internasional 


mil 

untuk Organisasi Militer 


org 

untuk Organisasi Umum 






• HTML (HyperText Markup Language) 



HTML yang akan dibahas meliputi beberapa tahap, yaitu level HTML, HTML Extension dan program Editor HTML. HTML adalah format data yang dipakai untuk membuat dokumen HyperText. Dokumen HTML disebut Mark Language, karena berisi tanda tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. Pada sistem HyperText pada dokumen HTML, seseorang tidak harus membaca dokumen secara urut dari atas ke bawah, melainkan cukup menuju pada topik tertentu secara langsung dalam dokumen. Ini dikarenakan dokumen tersebut menggunakan teks penghubung ke suatu topik/ dokumen lain secara langsung. 





Sejak perkembangannya sampai sekarang ini telah tersedia bermacam-macam level 



HTML, antara lain HTML 1.0; HTML 2.0; HTML 3.0; HTML 3.2; dan HTML Extension. 



* HTML 1.0 


HTML level 1.0 adalah level pertama untuk HyperText Markup Language. Desainnya sederhana sekali, di antaranya heading, paragraph, hypertext, list dan format teks untuk tebal/ miring. Kelemahan HTML 1.0 adalah tidak ada fasilitas gambar, sehingga teks tak dapat diletakkan di sekeliling suatu image. 

* HTML 2.0 


HTML level 2.0 mencakup semua fasilitas level 1.0 ditambah dengan fasilitas untuk membuat form. Form ini dipakai dalam Web page untuk meminta saran dari pembaca, dan kotak penyuntingan (edit box). Dengan HTML 2.0, WWW dapat menjadi suatu media informasi dua-arah antara pemilik Web dengan pemakai Web, bukan hanya sekedar sistem penampil informasi. 

* HTML 3.0 



HTML level 3.0 sangat kompatibel dengan HTML level 2.0, tetapi disertai dengan beberapa fasilitas baru. Fasilitas baru tersebut antara lain penambahan fasilitas pembuatan tabel dan gambar dengan perintah FIGURE. Perintah FIGURE sendiri merupakan perkembangan dari perintah IMAGE . 

* HTML 3.2 



HTML 3.2 merupakan pengganti dari HTML 3.0 dengan beberapa tambahan, seperti applet Java (teks yang dapat diletakkan di sekeliling gambar), superscript, subscript, perataan pada tabel, background gambar dan warna, fasilitas frame dan sytle sheet (pemisah layout halaman dengan isinya). 

* HTML Extension 



Salah satu tambahan pada HTML ini adalah tag < BLINK> yang membuat teks dalam tag tersebut tampil berkedip-kedip dalam Netscape Browser. Pada HTML ini terdapat bermacam-macam daya kreatif untuk mengembangkan HTML yang sangat diperlukan selama tidak mengganggu penampilan dokumen HTML pada browser. 

* Program Editor HTML 

Untuk membuat dokumen HTML, sebaiknya menggunakan program editor teks seperti Notepad dan WordStar dalam format Non Document untuk aplikasi DOS. Program WYSIWYG, seperti Microsoft Word dan Word Perfect for Win, tidak dapat dipakai untuk membuat dokumen HTML, karena program ini dianggap sebagai dokumen biasa dan tidak dapat diterjemahkan oleh browser. Program tambahan yang dipakai untuk menyunting HTML adalah Word Internet Assistant dan WordPerfect Internet Publisher. 

Selain program editor teks, Anda bisa menggunakan program editor khusus untuk membuat HTML, antara lain program editor HTML berbasis teks dan WYSIWYG yang tidak memerlukan browser lagi. 


• Surfing/ Browsing 

Surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar- gambar yang di tata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam. Karena itu para netter harus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses, karena bila tidak netter akan tersesat kedalam rimba informasi yang maha luas. 


• Search engine 

Search Engine adalah salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari informasi yang kita inginkan. Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web, cukup dengan memasukkan kata kunci-nya maka search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat. 


• Web Hosting 


Web hosting adalah penempatan homepage pelanggan pada salah satu server milik penyedia jasa dengan membayarkan sejumlah biaya yang telah ditentukan untuk mendapatkan fasilitas yang disediakan oleh penyedia jasa. Dengan jasa web hosting seseorang dapat memiliki situs web dengan alamat yang diinginkan, seperti www.nama- perusahaan.com untuk memperkenalkan nama perusahaan ke seluruh dunia ataupun transaksi internet lainnya. Penempatan situs perusahaan di internet memerlukan investasi perangkat keras, perangkat lunak serta infrastruktur jaringan komputer yang sangat kompleks dan mahal yang bisa mencapai puluhan ribu dollar amerika. Meskipun demikian, perusahaan bisa menyewa web space, bandwidth dan layanan tambahan lainnya dari pihak ketiga (outsourcing) sehingga tidak memerlukan investasi yang mahal. Terdapat 2 jenis hosting pada sistem operasi, yaitu hosting pada sistem operasi Windows dan Unix. Pada sistem Unix, sistem operasinya dianggap lebih serba bisa karena mendukung open-source program freeware dan shareware. Web hosting berbasis Unix sangat baik bagi pengguna yang menginginkan tingkat sekuritas yang tinggi. 

• Email 



Email adalah sebuah sarana yang memungkinkan surat menyurat melalui internet. Pengguna dapat saling bertukar berita. Berita-berita itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja. 


• Mailing List 



Mailing list merupakan sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail. Satu pesan dari seorang anggota akan diterima oleh semua anggota yang telah mendaftar pada suatu mailing list. 


2.5 Pengertian Pemasaran dengan Internet 


Menurut Kotler (2001, p256) pemasaran online adalah pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang menghubungkan konsumen dan penjual secara elektronik. Jasa online komersial adalah jasa yang menawarkan jasa informasi dan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar iuran bulanan. 

Pemasaran internet atau pemasaran berbasis internet bisa diartikan sebagai penggunaan internet dan teknologi digital yang berhubungan untuk mencapai tujuan pemasaran dan mendukung konsep pemasaran modern. Teknologi ini termasuk media internet dan media digital lain seperti cable dan satelit bersamaan dengan hardware dan software yang memungkinkan pengoperasian dan penggunaannya. (Chaffey, 2000) 

Sifat dari lingkungan pemasaran yang dimungkinkan oleh internet memungkinkan scope 



dan kebiasaan kegiatan pemasaran menjadi lebih fleksibel. Sebagai contoh dengan adanya internet sebagai alat komunikasi, batasan fisik menjadi kurang penting dalam pelaksanaan transaksi daripada bentuk tradisional pertukaran marketing. 

Menurut Amor (2002, p176) untuk strategi pemasaran dengan internet harus mengikuti aturan-aturan sebagai berikut: 

• Brands (Merek): Web adalah merek terpenting perusahaan 



• Change (Perubahan): Waspada bahwa aturan dalam web selalu berubah. 



• Conciseness (Keringkasan) : Pertahankan halaman yang singkat dan sebarkan informasi 

• Content (Isi) : Isi adalah raja, jangan buat bosan pelanggan. Content is king; don't bore your customers. 



• Dynamic sites (Situs Dinamis) : Ciptakan situs yang dinamis yang menggunakan teknologi baru untuk mengadaptasi informasi berbasis profil pengguna 

• Finances (keuangan) : Coba pasar baru dengan skema pengiklanan dengan harga murah 


• Free giveaways (Barang gratis) : Ciptakan penawaran barang gratis untuk pelanggan setia

• Global village (Desa global) : Berpikir secara global tetapi mengikuti keinginan lokal

• Live events (Pertunjukan langsung) : Pertunjukan langsung menambah wawasan



pelanggan



• Niche markets (Pasar khusus) : Internet mencakup pasar khusus dan pasar umum

• Promotion (Promosi) : Promosikan situs dimana saja



• Syndication (Sindikasi) : Buatlah merek tambahan untuk servis dan produk



• Technologi (Teknologi) : Gunakan teknologi internet untuk memaksimalkan sasaran pemasaran



Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

0 Response to "Istilah-Istilah dalam Internet"

Post a Comment