Fungsi Manajemen Keuangan


Manajemen keuangan menyangkut kegiatan perencanaan, analisis dan pengendalian kegiatan keuangan. Ada 2macam kegiatan utama dalam keuangan yaitu :
1.    Mencari dana dan
2.    Menggunakan pada asset perusahaan
Kegiatan utama inilah yang disebut fungsi keuangan. Funfsi manajemen keuangan itu dibawah tanggung jawab manager keuangan. Manajer keuangan perlu memperoleh dana dari pasar keuangan.Pasar keuangan menunjukkan antara demand dan supply akan dana.
Sumber dana perusahaan dapat dikelompokkan menurut prosesnya menjadi sumber dana internal dan sumber dana eksternal. Sumber dana internal adalah sumber dana yang berasal dari hasil kegiatyan operasi perusahaan secara langsung. Sumber dana ini berasal dari deprasiasi dan saldo laba. Sumber dana eksternal adalah sumber dana yang bukan dari hasil kegiatan operasi perusahaan. Sumber dana itu berupa hutang, saham preferen, saham biasa, diskon dari pembelian, penghematan atau pembebasan pajak, subsidi, dan lain-lain.
Secara akuntansi sumber dana perusahaan dapat dikelompokkan menjadi sumber hutang dan ekuitas. Dalam laporan keuangan, sumber dana perusahaan akan dilaporkan pada neraca perusahaan pada sisi kanan, yaitu sisi Pasiva.
Dana yang diperoleh tersebut kemudian diinvestasikan pada berbagai aktiva perusahaan. Dari kegiatan menanamkan dana, perusahaan mengharapkan untuk memperoleh hasil yang lebih besar dari pengorbanannya, dengan kata lain diharapkan laba. Alokasi dana dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu dana yang digunakan untuk pembiayaan modal kerja dan dana yang digunakan untuk investasi pada barang modal.

Dana yang dialokasikan pada modal kerja adalah dana untuk membiayai operasi perusahaan melalui proses produksi dalam menghasilkan penjualan. Dana ini dicatat pada sisi aktiva lancar. Dana yang digunakan untuk pengadaan barang modal, adalah dana untuk pengadaan fasilitas produksi dan operasi, seperti pengadaan lahan pabrik, bangunan, mesin dan peralatan, dan lain-lain. Dana ini dicatat pada sisi aktiva tetap.

Tujuan manajemen keuangan

Untuk bisa menghasilkan keputusan yang benar,manajer keuangan perlu menentukan tujuan yang jarus dicapai. Secara normative tujuan keputusan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan.

Nilai perusahaan adalah harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan tersebut dijual.Semakin tinggi nilai perusahaan maka semakin besar lemakmuran yang akan diterima oleh pemilik perusahaan. Memaksimumkan nilai perusahaan akan tidak sama dengan memaksimumkan laba dalam pengertian ekonomi. Hal ini disebabkan karena laba ekonomi diartikan sebagai jumlah kekayaan yang bias dikonsumsikan tanpa membuat pemilik kekayaan menjadi lebih miskin.

5. Kedudukan manager keuangan dalam struktur organisasi perusahaan


Peran manager keuangan sangat penting agar fungsi manajemen keuangan berjalan. Wewenang seorang manager keuangan sacara khirarkhio dapat ditunjukkan oleh kedudukannya pada struktur organisasi perusahaan pagan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Manajemen Keuangan"

Post a Comment