Cara Memperbaiki Komunikasi Dalam Bisnis
MEMPERBAIKI KOMUNIKASI
Untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif diperlukan
beberapa persyaratan,
atara lain : persepsi, ketetapan, kredibilitas, pengendalian, dan kecocokan / keserasian.
Komunikasi yang efektif dapat mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi dengan memperhatikan tiga hal sebagai berikut:
atara lain : persepsi, ketetapan, kredibilitas, pengendalian, dan kecocokan / keserasian.
Komunikasi yang efektif dapat mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi dengan memperhatikan tiga hal sebagai berikut:
1. Membuat satu pesan secara lebih berhati-hati
2. Minimalkan gangguan dalam proses komunikasi
3. Mempermudah upaya umpan balik antara si Pengirim dan si penerima pesan
2. Minimalkan gangguan dalam proses komunikasi
3. Mempermudah upaya umpan balik antara si Pengirim dan si penerima pesan
Keberhasilan komunikasi di dalam suatu
organisasi akan ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara-orang yang terlibat
dalam kegiatan komunikasi. Kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan
pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi (tempat
dan waktu) komunikasi. Komunikasi organisasi biasanya menggunakan kombinasi
cara berkomunikasi (lisan, tertulis dan tayangan) yang memungkinkan terjadinya
peyerapan informasi dengan lebih mudah dan jelas.
Secara empiris, pemahaman orang perihal sesuatu hal akan lebih mudah
diserap dan dipahami jika sesuatu tersebut diperlihatkan dibanding
hanya diperdengarkan atau dibacakan. Dan akan lebih baik lagi hasilnya jika
sesuatu yang dikomunikasikan tersebut, selain diperlihatkan juga sekaligus
dipraktikkan.
Hasil studi tentang perilaku bisnis di kalangan eksekutif
menunjukkan fakta bahwa kemampuan berkomunikasi merupakan unsur pokok di antara
berbagai faktor personal yang diperlukan untuk mempromosikan menejemen
organisasi atau mengatasi konflik menejemen (Boove and Thill, 2002).
Dengan kata lain, kemampuan berkomunikasi efektif sekaligus juga
merupakan salah satu ciri mutu SDM karyawan. Istilahnya, komunikasi efektif
dalam suatu organisasi dapat diumpamakan seperti darah dalam tubuh dan
kunci kesuksesan.
Keberhasilan komunikasi bisnis juga sangat ditentukan oleh adanya efektivitas dalam komunikasi bisnis. Efektivitas komunikasi bisnis, seperti halnya jenis komunikasi lainnya ditentukan beberapa hal :
1.
Persepsi
Komunikator harus dapat memprediksi apakah pesan yang
disampaikan dapat diterima komunikan.
2.
Keberhasilan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Salah satu faktor keberhasilan komunikasi bisnis dalam
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yaitu adanya proses integrasi
informasi menyangkut ketersediaan komunikasi data yang tepat guna. Ini mencakup
beberapa faktor antara lain, pertama, cakupan (range) produk jasa komunikasi data yang dimiliki. Dengan adanya
hirarki, jenis, dan besar kecilnya manufaktur mempunyai perbedaan karakteristik
sistem informasi yang dibutuhkan sehingga diperlukan jenis layanan komunikasi
yang berbeda pula. Kedua, Coverage.
Diperlukan provider yang dapat menyediakan layanan di lokasi manapun mengingat
lokasi manufaktur yang menyebar dan terkadang di daerah yang terpencil (rural area). Ketiga, unjuk kerja (performansi). Performansi yang tinggi
merupakan syarat utama agar komunikasi selalu dapat dilakukan. Keempat, Biaya. Faktor biaya menjadi salah satu
faktor yang perlu dipertimbangkan agar efisiensi tetap dapat ditingkatkan.
Komunikasi
berbasis internet
Internet menjadi suatu media komunikasi yang memegang
peranan sangat penting dalam perkembangan bisnis, secara garis besar terdapat
tiga aktivitas bisnis utama yang dapat dikomunikasikan lewat internet :
·
Membangun
Produk.
·
Aktivitas
opersional
·
Pelayanan
Jasa,
Berbagai aktivitas bisnis dapat dilakukan melalui
internet, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
·
Berbagi
data internal.
·
Rekruitmen
calon pegawai.
·
Memperolah
partner bisnis, dan pelanggan.
·
Menemukan
informasi eksternal (pihak luar).
·
Pembelian
material dan peralatan.
·
Promosi
produk dan jasa.
·
Fasilitas
penunjang bagi pelanggan.
·
Media
kolaborasi dengan partner bisnis.
·
Publikasi
perkembangan bisnis.
Komunikasi bisnis berbasis internet, dapat dilakukan dengan
berbagai macam cara, yaitu :
·
Menggunakan
e-mail
·
Diskusi
melalui Milist (mailing list)
·
Membuat
suatu group/komunitas
·
Melalui
video konferensi
·
Pesan
singkat
·
Telepon
berbasis internet, dan
·
Transfer
data/dokumen
3.
Ketepatan
Komunikan atau audience memiliki kerangka pikir. Agar
komunikasi yang dilakukan tepat sasaran, komunikator perlu mengekspresikan hal
yang ingin disampaikan sesuai dengan kerangka pikir komunikan.
4.
Kredibilitas
Dalam berkomunikasi komunikator perlu memiliki suatu
keyakinan bahwa komunikan dapat dipercaya. Sebaliknya dia juga harus bisa
mendapatkan kepercayaan dari komunikan.
5.
Pengendalian
Dalam komunikasi, komunikan memberika reaksa/umpan
balik/feedback terhadap pesan yang disampaikan. Reaksi ini harus bisa
diantisipasi sekaligus dikendalikan oleh komunikator sehingga tidak melenceng
dari target komunikasi yang diharapkan.
6.
Kecocokan
Komunikator yang baik selalu dapat menjaga hubungan
persahabatan yang menyenangkan dengan komunikan.
Pendapat lain mengatakan bahwa agar komunikas berjalan
secara efektif dan efisien maka ada 3 hal yang sangat penting yaitu :
1. Mampu membuat pesan dipahami.
2. Harus memahami pesan yang diharapkan yang dikirim kepada anda.
3. Kendali atas proses komunikasi harus diterapkan.
Selain itu agar
dapat melakukan komunikasi bisnis yang efektif, seorang komunikan harus
memiliki 3 kemampuan (skill), yaitu :
1. Empati,
2. Pembicara yang sederajat,
3. Proyeksi atau menciptakan dampak.
Dengan demikian apabila komunikasi bisnis berjalan secara efektif di suatu perusahaan akan dapat
menghasilkan beberapa hal sebagai
berikut :
·
Mempercepat
Penyelesaian Masalah.
·
Memperkuat
Pengambilan Keputusan.
·
Meningkatkan
Profesionalisme.
·
Memberikan
Respon yang Positif terhadap Stakeholder.
·
Meningkatkan
Produktivitas.
·
Memperkuat
hubungan Bisnis.
0 Response to "Cara Memperbaiki Komunikasi Dalam Bisnis"
Post a Comment