Cara Memilih Audiens Sebagai Sasaran Bisnis
Memilih Audiens Sasaran
Langkah awal
mengembangkan suatu program komunikasi pemasaran adalah memilih kelompok
audiens atau penerima pesan sasaran. Kelompok penerima pesan sasaran harus
dapat diidentifikasi dengan karakteristik yang spesifik dan jelas, sehingga
memudahkan pemasar untuk menentukan program komunikasi pemasaran yang tepat.
Agar pemasar dapat
memilih audiens sasaran yang tepat, perlu diidentifikasi terlebih dudu peluang
yang ada di pasar, kebutuhan yang belum terpenuhi, harapan pasar yang belum
terjawab. Dengan kehadiran informasi dimaksud, pemasar dapat mengisi peluang yang ada serta mengkomunikasikannya
kepada public.
Perlu diketahui bahwa
sebuah program komunikasi pemasaran akan berhasil bila ditunjang dengan kecakapan pemasar dalam memanfaatkan peluang memberikan
solusi terhadap masalah atau menjawab kebutuhan pasar. Diharapkan, audiens sasaran
akan kan merespon dengan baik sebuah program komunikasi pemasaran.
Saat pemasar memilih
audiens sasaran, pemasar akan menemukan peluang pasar yang sangat luas dan
beranekaragam, sehingga pemasar perlu menetapkan dengan cermat variabel untuk
memilah pasar. Sebagai contoh untuk pasar Personal Computer, dapat dipilah
menjadi beberapa segmen, seperti : segmen bisnis, segmen pendidkan, dan segmen
individu. Oleh sebab itu, hindari penggunaan variable yang sudah tidak up-to
date lagi.
Jaman mengalami perubahan. Demikian pula
dengan variable pembagi pasar akan terus mengalami perubahan. Oleh karenan itu,
perusahaan harus mampu mencermati fenomena ini bila ingin memperoleh respon
yang positif dari program komunikasi pemasaran yang akan digunakannya.
Selain peluang pasar yang
luas, keberadaan dan performa pesaing
dalam pasar juga perlu mendapat perhatian saat memilih audiens sasaran. Kelompok audiens sasaran dimana
terdapat pesaing dalam jumlah yang kecil akan tampak lebih menarik untuk
dipilih. Agar pemasar dapat menciptakan
keunggulan kompetitif dari kelemahan pesaing, pemasar perlu mengetahui secara
jelas strategi dan kelemahan pesaing. Bila keunggulan kompetitif dimaksud dapat
dikomunikasikan dan dilihat dengan jelas oleh audiens sasaran, maka audiens akan
merespon program komunikasi pemasaran dengan positif. Dalam hal ini, pemasar
harus rasional dalam mengukur
kemampuannya untuk berkompetisi dengan pesaing.
0 Response to "Cara Memilih Audiens Sebagai Sasaran Bisnis "
Post a Comment