Apa Itu Arti Sebuah Merek
Definisi Merek
Aaker (2001,p13) menyatakan bahwa merek memberikan “nilai” sehingga nilai total produk yang “bermerek” baik menjadi lebih tinggi dibandingkan produk yang semata-mata secara objektif.
Berikut beberapa definisi merek yang diberikan pakar pemasaran :
Menurut Duanne E. Knapp (2002,p12), “Brand adalah keseluruhan impresi yang diterima oleh konsumen, selanjutnya dipersepsikan berdasarkan manfaat fungsional dan emosional, sehingga impresi tersebut tertanam pada posisi tertentu dalam benaknya”.
Menurut pendapat Kotler dan The American Marketing association (2005,p3), “A
brand is a name, term, sign, symbol, or design, or a combination of these, which is intended to identify the goods or services of one group of sellers and differentiate them from those of competitors”.
(Sebuah merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi itu semua, yang bermaksud untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari suatu kelompok penjual dan membedakannya dari pesaingnya).
Menurut Koch (2005,p3):
“A brand is a visual design and/or name that is given to a product or service by an organization in order to differentiate it from competing products and which assures consumers that the product will be high and consistent quality”.
(Sebuah merek adalah suatu rancangan yang bisa dilihat dan atau nama yang diberikan kepada barang atau jasa oleh perusahaan dengan tujuan membedakannya dari produk saingan dan untuk meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut memiliki konsistensi mutu yang tinggi).
Menurut Scott M. Davis (2005,p5) :
“A brand is an intangible but critical component of what a company stand for”.
(Sebuah merek adalah sesuatu yang tidak berwujud tetapi merupakan komponen yang penting dari tujuan perusahaan berdiri).
Menurut Tybout dan Carpenter (2001,p76) :
“A brand is a name or symbol that is associated with a product or service and to which buyers attach psychological meanings”.
(Sebuah merek adalah nama atau simbol yang diasosiasikan dengan barang atau jasa agar pembeli menyematkan artinya secara psikologi).
2.2 Merek dan Produk
Pujangga Inggris William Shakespeare pernah mengatakan : “Apa artinya sebuah nama? Sebuah mawar yang kita sebut dengan nama lain tetap saja berbau harum”. Al Ries dan Jack Trout (2001,p13) tidak menyetujui pendapat tersebut. Mereka mengatakan: “Shakespeare salah. Setangkai mawar yang disebut dengan nama lain tidak akan berbau harum …. Itulah mengapa satu-satunya keputusan paling penting dalam pemasaran parfum adalah nama”.
Produk adalah sesuatu yang dibuat di pabrik ; merek (brand) adalah sesuatu yang dibeli seorang konsumen. Produk bisa ditiru pesaing ; merek adalah unik. Produk bisa dengan cepat ketinggalan zaman ; merek yang berhasil tidak terhingga masanya. Dengan kata lain, Product is made in the factory, but brand is build in the mind (Produk dibuat di pabrik, tetapi merek dibangun di dalam pikiran).

0 Response to "Apa Itu Arti Sebuah Merek"
Post a Comment