Strategi Komunikasi Pemasaran Online Facebook


Berdasarkan hasil dari penelitian mengenai “Strategi Komunikasi Pemasaran Butik Online Melalui Facebook” pada skripsi ini, peneliti dapat merumuskan kesimpulan sebagai berikut:
· Internet marketing mampu memfasilitasi tools yang ada dalam promotional mix secara terintegrasi. Jika komunikasi pemasaran konvensional promotion tools digunakan melalui media, waktu, dan cara yang berbeda, dalam internet marketing keseluruhan tools tersebut dapat digunakan secara bersamaan baik waktu maupun media yang digunakan. Dapat ditunjukkan pada penelitian bahwa pemilik butik online dapat melakukan aktivitas advertising, personal selling, direct marketing, sales promotion dan public relations secara bersama-sama.
· Dalam internet marketing terutama melalui facebook, tools yang digunakan para pemilik butik online dalam kegiatan komunikasi pemasaran meliputi advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing. Penggunaan tools tersebut berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dari aktivitas promosi
sebagai berikut ini:
o Advertising mereka gunakan untuk memberikan seluruh informasi mengenai produk yang mereka tawarkan agar pengguna facebook sadar terhadap produk yang sedang dipasarkan. Sama halnya dengan cara konvensional advertising digunakan untuk mendapatkan kesadaran khalayak. Pada facebook iklan dilakukan melalui status, dan foto. Update Status biasanya dilakukan untuk menginformasikan bahwa ada produk baru yang telah di upload, ketika mereka memiliki program seperti diskon atau cuci gudang (sales promotion), memberikan informasi mengenai jasa pengiriman, dll. Sedangkan foto mereka gunakan untuk memberikan gambaran kepada konsumen mengenai produk yang mereka tawarkan. Setelah upload mereka biasanya mengiklankannya dalam bentuk penggunaan display picture. Mereka memilih untuk update status dan upload photo karena aktifitas tersebut dapat langsung diketahui oleh seluruh pengguna facebook, yang artinya mereka melakukan aktifitas promosi secara massal.
o Sales promotion dilakukan untuk menarik perhatian khalayak dan untuk mendorong melakukan pembelian. Berdasarkan hasil dari penelitian ini promosi penjualan dilakukan pada saat-saat tertentu seperti Idul Fitri, Natal, Tahun baru, Imlek, Ulang tahun butik dan Valentine. Selain event-event tersebut sales promotion dilakukan pada saat butik online tersebut memiliki barang yang belum laku terjual sehingga mereka memasang harga khusus agar tidak merugi. Tetapi, ada juga yang menggunakan sales promotion secara terus menerus untuk memuaskan pelanggan. Sales promotion dilakukan dalam bentuk pemberian diskon/ harga khusus, dan pembebasan ongkos kirim. Media yang digunakan untuk menginformasikan kegiatan ini adalah status, photo caption dan photo albums. Yang mereka lakukan biasanya adalah dengan memberitahukan kepada pengguna facebook melalui status, dan kemudian mengarahkan kepada calon konsumen (yang tertarik) untuk melihat pada album foto khusus yang disediakan dengan harga khusus, seperti halnya di toko biasanya dibedakan antara etalase dengan harga diskon dan regular.
o Public Relations digunakan untuk membina hubungan antara pemilik butik dan konsumen dengan cara berkomunikasi yang dilakukan secara terus menerus tersebut memunculkan image mengenai butik itu sendiri. Tool inilah yang dianggap paling efektif oleh seluruh informan. Sehingga beberapa butik online juga memperkuat image mereka dengan logo, karena logo menunjukkan identitas dari butik online yang mereka miliki. Media yang digunakan sebagai wadah kegiatan public relations ini adalah wall, logo, chat dan message. Media-media tersebut digunakan untuk berinteraksi sehingga komunikasi dengan konsumen terus berjalan yang menimbulkan kedekatan. Kedekatan yang dibangun secara tidak langsung akan menimbulkan kepercayaan, sehingga orang tidak takut untuk membeli barang di butik online mereka. Kegiatan sponsorship pun bisa dilakukan melalui internet marketing, yaitu dengan menjadi sponsor kegiatan yang dilakukan oleh pengguna seperti kuis, dll.
o Direct Marketing sama halnya dengan cara konvensional direct marketing dilakukan secara lebih terfokus yaitu dengan melakukan promosi langsung sesuai dengan target sasaran. Dalam hal ini para pemilik butik online merasa facebook sangat mendukung kegiatan ini dengan adanya fasilitas tagging photo. Tagging photo dilakukan agar konsumen tersebut aware dan kemudian dapat langsung memberikan reaksi/ komentar pada foto tersebut. Karena pengguna facebook tidak selalu online maka seringkali ketika pemasar upload photo atau status beberapa orang atau bahkan calon konsumen potensial tidak melihatnya, oleh karena itu mereka memilih untuk melakukan tagging photo sehingga kapan pun ketika mereka online dapat mengetahui produk yang ditawarkan. Selain itu media lain yang digunakan untuk melakukan kegiatan ini adalah wall, chat, dan message. Tujuan pemilihan media juga sama dengan tagging photo, dimana sifatnya lebih pribadi, tidak massal, dan dapat diakses kapan pun.
o Personal selling melalui media internet berbeda dengan media konvensional, dimana secara tradisional atau konvensional personal selling dilakukan secara tatap muka namun melalui internet mereka tidak harus bertemu. Personal selling dilakukan oleh pemilik butik online hanya ketika mereka mengenal konsumen mereka. Tidak semua konsumen mereka kenal, ada yang sudah mereka kenal karena merupakan teman mereka di dunia nyata, namun juga ada yang mereka kenal seiring dengan berjalannya waktu dari interaksi pemasar dan konsumen. Konsumen yang mereka kenal biasanya merupakan konsumen tetap atau konsumen setia, sehingga seringnya mereka berkomunikasi mengakibatkan pemilik butik online mengerti benar selera konsumen tersebut. Berbeda dengan direct marketing yang menyasar orang-orang tertentu dengan
cara random, personal selling lebih terfokus dan personal. Kegiatan personal selling ini juga mereka lakukan untuk menambah kedekatan dengan konsumen mereka. Dan media
yang digunakan dalam melakukan kegiatan personal selling adalah wall, chat dan message yang sifatnya pribadi.
· Penggunaan promotional tools yang digunakan para pemiliki butik
online sebagai upaya strategi komunikasi pemasaran yaitu advertising, sales promotion, direct marketing, public relations, dan personal selling seperti yang telah disebutkan di atas, namun dilakukan dengan taktik yang bervariasi. Taktik mereka lakukan sesuai dengan tujuan dan segmentasi yang sudah ditentukan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa internet marketing mampu memfasilitasi keseluruhan tools namun dengan taktik yang terbatas. Ada taktik yang tidak dapat dilakukan dalam internet
marketing, misalnya merchandising. Merchandising hanya dapat dilakukan dengan cara konvensional.
· Dari keseluruhan tools tersebut ada yang mereka gunakan secara kontinyu, periodik dan keduanya. Tools yang digunakan secara kontinyu yaitu public relations. Digunakan secara kontinyu karena dalam membina hubungan antara pemilik butik online dan konsumen tidak bisa dilakukan hanya sekali untuk menciptakan kesan yang baik. Dibutuhkan waktu dan intensitas yang cukup tinggi untuk memunculkan kedekatan tersebut. Kedekatan tersebut ditujukan untuk menciptakan image butik online yang baik, yang tentunya memunculkan kredibilitas. Kunci utama online shopping adalah kredibilitas. Ketika konsumen tahu bahwa butik online tertentu dapat dipercaya, maka ia tidak takut untuk berbelanja disana. Tools digunakan secara periodik adalah advertising, direct marketing dan personal selling. Tools tersebut hanya digunakan di saat-saat tertentu seperti misalnya ketika ada barang baru atau ketika ada sesuatu yang butuh diinformasikan. Sedangkan tools yang digunakan secara keduanya adalah sales promotion. Dari penelitian yang telah dilakukan peneliti juga menemukan bahwa strategi yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan sales promotion. Sales promotion dianggap sebagai cara yang paling cepat menarik dan mempertahankan loyalitas konsumen.
· Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan ternyata tools yang digunakan dalam promotional mix tersebut telah terintegrasi. Ada kalanya advertising sejalan atau dilakukan untuk mendukung kegiatan sales promotion, atau sales promotion, personal selling digunakan untuk membantu program public relations, dan sebagainya. Sehingga keseluruhan tools dapat terintegrasi dengan baik yang membantu suksesnya strategi yang mereka gunakan.
· Melalui observasi dan wawancara mendalam dengan para pemilik butik online pelayanan yang cepat, aktif dan interaktif merupakan kunci utama dalam dunia internet marketing, karena pelayanan tersebut memunculkan image yang dapat dilihat oleh semua pengguna facebook.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Strategi Komunikasi Pemasaran Online Facebook"

Post a Comment