Strategi Komunikasi Pemasaran Online Facebook
Berdasarkan
hasil dari penelitian mengenai “Strategi Komunikasi Pemasaran Butik Online Melalui
Facebook” pada skripsi ini, peneliti dapat merumuskan kesimpulan sebagai
berikut:
· Internet
marketing mampu
memfasilitasi tools yang ada dalam promotional mix secara
terintegrasi. Jika komunikasi pemasaran konvensional promotion tools digunakan
melalui media, waktu, dan cara yang berbeda, dalam internet marketing keseluruhan
tools tersebut dapat digunakan secara bersamaan baik waktu maupun media
yang digunakan. Dapat ditunjukkan pada penelitian bahwa pemilik butik online
dapat melakukan aktivitas advertising, personal selling, direct
marketing, sales promotion dan public relations secara bersama-sama.
· Dalam internet
marketing terutama melalui facebook, tools yang digunakan para
pemilik butik online dalam kegiatan komunikasi pemasaran meliputi advertising,
sales promotion, public relations, personal selling, dan direct
marketing. Penggunaan tools tersebut berdasarkan tujuan yang ingin
dicapai dari aktivitas promosi
sebagai berikut ini:
o Advertising mereka gunakan untuk memberikan seluruh informasi
mengenai produk yang mereka tawarkan agar pengguna facebook sadar
terhadap produk yang sedang dipasarkan. Sama halnya dengan cara konvensional advertising digunakan untuk
mendapatkan kesadaran khalayak. Pada facebook iklan dilakukan melalui status,
dan foto. Update Status biasanya dilakukan untuk menginformasikan
bahwa ada produk baru yang telah di upload, ketika mereka memiliki program
seperti diskon atau cuci gudang (sales promotion), memberikan informasi
mengenai jasa pengiriman, dll. Sedangkan foto mereka gunakan untuk memberikan
gambaran kepada konsumen mengenai produk yang mereka tawarkan. Setelah upload
mereka biasanya mengiklankannya dalam bentuk penggunaan display picture.
Mereka memilih untuk update status dan upload photo karena
aktifitas tersebut dapat langsung diketahui oleh seluruh pengguna facebook, yang
artinya mereka melakukan aktifitas promosi secara massal.
o Sales promotion dilakukan
untuk menarik perhatian khalayak dan untuk mendorong melakukan pembelian.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini promosi penjualan dilakukan pada
saat-saat tertentu seperti Idul Fitri, Natal, Tahun baru, Imlek, Ulang tahun
butik dan Valentine. Selain event-event tersebut sales promotion dilakukan
pada saat butik online tersebut memiliki barang yang belum laku terjual
sehingga mereka memasang harga khusus agar tidak merugi. Tetapi, ada juga yang menggunakan
sales promotion secara terus menerus untuk memuaskan pelanggan. Sales
promotion dilakukan dalam bentuk pemberian diskon/ harga khusus, dan
pembebasan ongkos kirim. Media yang digunakan untuk menginformasikan kegiatan
ini adalah status, photo caption dan photo albums. Yang mereka
lakukan biasanya adalah dengan memberitahukan kepada pengguna facebook melalui
status, dan kemudian mengarahkan kepada calon konsumen (yang tertarik)
untuk melihat pada album foto khusus yang disediakan dengan harga khusus,
seperti halnya di toko biasanya dibedakan antara etalase dengan harga diskon
dan regular.
o Public Relations digunakan
untuk membina hubungan antara pemilik butik dan konsumen dengan cara
berkomunikasi yang dilakukan secara terus menerus tersebut memunculkan image
mengenai butik itu sendiri. Tool inilah yang dianggap paling efektif
oleh seluruh informan. Sehingga beberapa butik online juga memperkuat image
mereka dengan logo, karena logo menunjukkan identitas dari butik online yang
mereka miliki. Media yang digunakan sebagai wadah kegiatan public
relations ini adalah wall, logo, chat dan message. Media-media
tersebut digunakan untuk berinteraksi sehingga komunikasi dengan konsumen terus
berjalan yang menimbulkan kedekatan. Kedekatan yang dibangun secara tidak
langsung akan menimbulkan kepercayaan, sehingga orang tidak takut untuk membeli
barang di butik online mereka. Kegiatan sponsorship pun bisa
dilakukan melalui internet marketing, yaitu dengan menjadi sponsor kegiatan
yang dilakukan oleh pengguna seperti kuis, dll.
o Direct Marketing sama halnya dengan cara konvensional direct
marketing dilakukan secara lebih terfokus yaitu dengan melakukan promosi
langsung sesuai dengan target sasaran. Dalam hal ini para pemilik butik online merasa facebook sangat
mendukung kegiatan ini dengan adanya fasilitas tagging photo. Tagging photo dilakukan
agar konsumen tersebut aware dan kemudian dapat langsung memberikan
reaksi/ komentar pada foto tersebut. Karena pengguna facebook tidak
selalu online maka seringkali ketika pemasar upload photo atau status
beberapa orang atau bahkan calon konsumen potensial tidak melihatnya, oleh
karena itu mereka memilih untuk melakukan tagging photo sehingga kapan
pun ketika mereka online dapat mengetahui produk yang ditawarkan. Selain itu media lain yang digunakan untuk
melakukan kegiatan ini adalah wall, chat, dan message. Tujuan
pemilihan media juga sama dengan tagging photo, dimana sifatnya lebih
pribadi, tidak massal, dan dapat diakses kapan pun.
o Personal selling melalui
media internet berbeda dengan media konvensional, dimana secara tradisional
atau konvensional personal selling dilakukan secara tatap muka namun
melalui internet mereka tidak harus bertemu. Personal selling dilakukan
oleh pemilik butik online hanya ketika mereka mengenal konsumen mereka.
Tidak semua konsumen mereka kenal, ada yang sudah mereka kenal karena merupakan
teman mereka di dunia nyata, namun juga ada yang mereka kenal seiring dengan
berjalannya waktu dari interaksi pemasar dan konsumen. Konsumen yang mereka
kenal biasanya merupakan konsumen tetap atau konsumen setia, sehingga seringnya
mereka berkomunikasi mengakibatkan pemilik butik online mengerti benar
selera konsumen tersebut. Berbeda dengan direct marketing yang menyasar
orang-orang tertentu dengan
cara random,
personal selling lebih terfokus dan personal. Kegiatan personal selling ini
juga mereka lakukan untuk menambah kedekatan dengan konsumen mereka. Dan media
yang
digunakan dalam melakukan kegiatan personal selling adalah wall, chat
dan message yang sifatnya pribadi.
· Penggunaan promotional
tools yang digunakan para pemiliki butik
online sebagai upaya strategi komunikasi
pemasaran yaitu advertising, sales promotion, direct marketing, public
relations, dan personal selling seperti yang telah disebutkan di
atas, namun dilakukan dengan taktik yang bervariasi. Taktik mereka
lakukan sesuai dengan tujuan dan segmentasi yang sudah ditentukan. Dari hasil
penelitian ini ditemukan bahwa internet marketing mampu memfasilitasi
keseluruhan tools namun dengan taktik yang terbatas. Ada taktik yang
tidak dapat dilakukan dalam internet
marketing,
misalnya merchandising.
Merchandising hanya dapat dilakukan dengan cara konvensional.
· Dari keseluruhan tools
tersebut ada yang mereka gunakan secara kontinyu, periodik dan keduanya. Tools
yang digunakan secara kontinyu yaitu public relations. Digunakan
secara kontinyu karena dalam membina hubungan antara pemilik butik online
dan konsumen tidak bisa dilakukan hanya sekali untuk menciptakan kesan yang
baik. Dibutuhkan waktu dan intensitas yang cukup tinggi untuk memunculkan
kedekatan tersebut. Kedekatan tersebut ditujukan untuk menciptakan image butik
online yang baik, yang tentunya memunculkan kredibilitas. Kunci utama online
shopping adalah kredibilitas. Ketika konsumen tahu bahwa butik online tertentu
dapat dipercaya, maka ia tidak takut untuk berbelanja disana. Tools digunakan
secara periodik adalah advertising, direct marketing dan personal
selling. Tools tersebut hanya digunakan di saat-saat tertentu seperti
misalnya ketika ada barang baru atau ketika ada sesuatu yang butuh
diinformasikan. Sedangkan tools yang digunakan secara keduanya adalah sales
promotion. Dari penelitian yang telah dilakukan peneliti juga menemukan
bahwa strategi yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan sales
promotion. Sales promotion dianggap sebagai cara yang paling cepat
menarik dan mempertahankan loyalitas konsumen.
· Berdasarkan hasil
penelitian dapat ditemukan ternyata tools yang digunakan dalam promotional
mix tersebut telah terintegrasi. Ada kalanya advertising sejalan
atau dilakukan untuk mendukung kegiatan sales promotion, atau sales
promotion, personal selling digunakan untuk membantu program public
relations, dan sebagainya. Sehingga keseluruhan tools dapat
terintegrasi dengan baik yang membantu suksesnya strategi yang mereka gunakan.
· Melalui observasi
dan wawancara mendalam dengan para pemilik butik online pelayanan yang
cepat, aktif dan interaktif merupakan kunci utama dalam dunia internet
marketing, karena pelayanan tersebut memunculkan image yang dapat
dilihat oleh semua pengguna facebook.
0 Response to "Strategi Komunikasi Pemasaran Online Facebook"
Post a Comment